Perbedaan To dan For dalam Bahasa Inggris Serta Contoh Kalimatnya

Perbedaan To dan For
Contoh penggunaan kalimat For (Sale)

Perbedaan utama antara kata To dan For adalah To untuk menunjukkan pergerakan seseorang atau sesuatu dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu orang ke orang lainnya. Sedangkan For menunjukkan tujuan, maksud tertentu, sasaran atau tanggapan terkait persepsi, keinginan, atau aktivitas.

Karena dua kata ini adalah dua preposisi (kata depan) umum dalam bahasa Inggris, keduanya memiliki banyak arti dan penggunaan. Selain perannya sebagai preposisi, terkadang juga berfungsi sebagai kata hubung. Demikian juga, To juga digunakan sebagai penanda infinitif dan terkadang sebagai kata keterangan.

Fungsi dan Penggunaan To dalam Bahasa Inggris

To adalah preposisi yang digunakan dengan kata dalam four cases atau kasus empat yang masuk dalam kategori dative case atau kasus datif. Lihatlah penggunaan preposisi To dalam contoh kalimat berikut ini:

He gave a book to his classmate.
Dia memberikan sebuah buku kepada teman sekelasnya.

Francis traveled to London from Paris.
Francis bepergian ke London dari Paris.

Dalam kalimat pertama, kalian dapat melihat bahwa sebuah buku diberikan oleh seseorang kepada teman sekelasnya, dan dalam kalimat kedua, kalian dapat menemukan bahwa Francis pindah dari satu tempat ke tempat lain.

To digunakan dalam arti gerakan di kedua kalimat. Artinya, untuk menunjukkan pergerakan seseorang atau sesuatu dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu orang ke orang lain. Dalam contoh pertama, penggunaan To menunjukkan pergerakan buku dari seseorang ke teman sekelasnya. Demikian pula, contoh kedua menunjukkan pergerakan Francis dari Paris ke London.

Selain itu, To juga digunakan sebagai kata fungsi untuk menunjukkan banyak arti yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah,

Direction – Contoh: two miles to the west

Tujuan, niat, kecenderungan, hasil: Contoh: drink to someone’s health, came to her aid

Fungsi dan Penggunaan For dalam Bahasa Inggris

Preposisi For juga digunakan dalam kasus datif tetapi dengan sedikit perbedaan. Selain itu, preposisi For cenderung lebih menunjukkan pentingnya seseorang atau sesuatu untuk siapa tindakan telah dilakukan seperti dalam contoh kalimat berikut ini:

I purchased a book for my father.
Saya membeli buku untuk ayah saya.

He did everything for his elder brother.
Dia melakukan segalanya untuk kakak (laki-lakinya).

Dalam kedua kalimat yang disebutkan di atas, kalian dapat memahami pentingnya kelekatan pada dua orang, ‘ayah’ dan ‘kakak laki-laki’ masing-masing dalam dua kalimat tersebut.

Selain itu, For juga memiliki arti sebagai berikut:

Memiliki tujuan tertentu:

Parking is for customers only.
Parkir hanya untuk pelanggan.

These flowers are not for sale.
Bunga-bunga ini tidak untuk dijual.

Dimaksudkan/ditujukan untuk diberikan kepada:

There was a phone message for you.
Ada pesan telepon untuk Anda.

I forgot to buy a present for her baby.
Saya lupa membeli hadiah untuk bayinya.

Ringkasan Perbedaan Antara To dan For dalam Grammar Bahasa Inggris

To vs For

To menunjukkan pergerakan seseorang atau sesuatu dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu orang ke orang lainFor menunjukkan tujuan, maksud tertentu, sasaran atau tanggapan terkait persepsi, keinginan, atau aktivitas.
Role
Preposisi, penanda infinitif, dan kata keteranganPreposisi dan konjungsi

Ringkasan – To vs For

Kedua preposisi yang dibahas di atas secara umum digunakan dalam kasus datif. Namun, ada perbedaan antara To dan For dalam arti serta penggunaannya.

Leave a Comment