Beranda Kesehatan Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium, 8 Gejala Ini Akan Anda Alami

Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium, 8 Gejala Ini Akan Anda Alami

Kuku rapuh
Kuku rapuh

Selain tulang yang kuat, kalsium juga penting untuk kesehatan tubuh lainnya. Nutrisi tersebut sangat penting untuk kuku, gigi, otot dan bahkan sistem kekebalan tubuh. Tanpa mengonsumsi suplemen penambah kalsium, terdapat banyak makanan yang kaya kalsium secara alami untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Selain susu yang sudah umum kita kenal, beberapa makanan lain juga mengandung kalsium tinggi misalnya Sayuran hijau, seperti bayam, kale, lobak, sawi hijau, okra, brokoli, dan bok choy.
Makanan laut, seperti ikan sarden, tongkol, dan salmon. Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang tanah, lentil, kedelai, almond, biji chia, dan biji wijen.

Kurangnya asupan kalsium yang cukup dapat dilihat dari gejala-gejala yang dialami oleh tubuh. Termasuk diantaranya adalah:

Osteoporosis

Kondisi ini ditandai dengan melemahnya tulang karena kehilangan jaringan utama tulang. Osteoporosis dapat membuat seseorang lebih mudah mengalami patah tulang bahkan dari kejatuhan kecil yang tidak disengaja. Untuk menangkal masalah ini terkait dengan tulang, penting bagi Anda untuk menerapkan diet yang kaya kalsium. Berolahraga secara teratur juga penting.

Kerusakan gigi

Gigi merupakan salah satu bagian dari citra kecantikan seseorang. Kerusakan pada gigi, jelas dapat membuat orang menjadi tidak percaya diri lagi. Salah satu gejala defisiensi atau kurangnya kalsium dalam tubuh adalah kerusakan gigi. Jika Anda ingin tetap memiliki senyum indah, pastikan agar tubuh mendapatkan cukup mineral setiap hari.

Kuku rapuh

Menambahkan makanan kaya kalsium dalam makanan sehari-hari penting guna menghindari efek dari kuku yang mudah retak. Sama seperti tulang, kuku kita juga bergantung pada kalsium untuk kekuatannya.

Sulit Tidur Nyenyak

Percaya atau tidak, seseorang juga bisa mengalami susah tidur atau insomnia jika ia kekurangan sebagai efek dari kekurangan kalsium tubuh.

Kram otot

Terlebih bagi mereka yang suka jogging, berenang, atau naik sepeda, kram otot bisa saja sering terjadi jika tubuh kekurangan kalsium. Tahukah Anda bahwa kekurangan kalsium dapat membuat otot lebih rentan mengalami kram? Selain itu, kekurangan kalsium juga dapat membuat otot serig merasa lelah dan pegal.

Kelelahan

Merasa energi seperti terkuras sepanjang waktu? Bisa jadi tubuh Anda sedang kekurangan kalsium. Dikatakan bahwa orang yang kekurangan kalsium cenderung merasa mudah lelah. Jika memiliki jadwal harian yang sibuk, memenuhi kebutuhan kalsium tubuh sangat penting agar dapat menyelesaikan tugas dengan mudah tanpa halangan.

Menstruasi Tidak Teratur

Para ahli mengatakan bahwa wanita yang tubuhnya kekurangan kalsium cenderung menderita menstruasi tidak teratur. Selain itu, mereka juga berisiko mengalami pendarahan hebat serta kram pra-menstruasi yang menyakitkan.

Lebih Rentan terhadap Penyakit dan Infeksi

Kalsium adalah nutrisi yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat. Jika Anda sering terserang batuk, pilek, flu, dan infeksi serta alergi lainnya, Kemungkinan tubuh sedang mengalami kekurangan kalsium yang cukup. Pertimbangkan untuk mengonsumsi makan makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti yang telah disebutkan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here