Beranda Kesehatan 10 Jenis Penyakit yang Bisa Menyebabkan Batuk Keluar Darah

10 Jenis Penyakit yang Bisa Menyebabkan Batuk Keluar Darah

Batuk keluar darah
Batuk berdarah

Hemoptisis adalah suatu kondisi perdarahan disertai dengan gejala batuk-batuk. Kondisi ini juga bisa merupakan manifestasi dari beberapa penyakit berbahaya seperti TBC, kanker paru-paru, infeksi pernapasan atau mungkin bronkiektasis.

Batuk yang disertai dengan keluarnya darah dapat berasal dari berbagai penyebab, termasuk kanker tenggorokan. Jumlah darah dalam dahak bisa jadi sedikit atau banyak tergantung pada tingkat keparahan penyakit.

Batuk berdahak keluar darah segar biasanya disebabkan oleh infeksi pernapasan atau kanker tenggorokan.

Jumlah darah yang keluar bersamaan dahak awalnya bisa sangat sedikit, memiliki warna agak merah muda atau sedikit oranye, sehingga sulit untuk dideteksi segera tanpa pengamatan yang cermat.

Lebih lengkapnya, berikut ini sepuluh penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan batuk-batuk disertai dengan keluarnya darah.

Infeksi

Infeksi bakteri, virus seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, atau infeksi jamur Aspergillus dapat menyebabkan dahak keluar darah di pagi hari.

Emboli paru

Embolisme paru mengacu pada trombus yang pecah atau mengambang di pembuluh darah, sehingga menyebabkan terjadinya banyak bekuan darah. Trombosis vena dalam adalah darah yang tidak dapat bergerak dan berada jauh di dalam vena. Seringkali trombus yang terbentuk di vena kaki akan menjadi emboli paru.

Trombosis dapat berpindah ke area yang berbeda dari satu atau kedua paru-paru. Tingkat keparahan emboli paru tergantung pada seberapa banyak darah yang tidak mencapai paru-paru. Karena itu, ketika menderita kondisi ini, pasien sering mengalami gejala dahak keluar darah atau batuk darah.

Radang tenggorokan

Laringitis akut adalah suatu kondisi di mana mukosa laring rusak akibat infeksi virus dan biasanya lebih mudah diobati. Sementara itu, laringitis kronis terjadi terutama karena paparan jangka panjang terhadap faktor-faktor seperti pencemaran lingkungan. Dalam kasus ini, radang tenggorokan sering berlangsung lebih lama dan lebih sulit diobati.

Bronkitis

Bronkitis dikenal sebagai peradangan saluran napas di paru-paru. Tabung utama di mana udara mengalir melalui paru-paru disebut bronkus dan bercabang menjadi tabung yang lebih kecil yang disebut bronkiolus. Ketika tabung-tabung ini meradang, efeknya dapat menyebabkan stenosis, penyempitan dan sumbatan jalan nafas, yang mengarah ke gejala-gejala bronkitis.

Pneumonia

Pneumonia adalah kondisi klinis yang disebabkan oleh kerusakan pada pengorganisasian paru-paru (alveoli, jaringan ikat endoskopi dan bronkiolisis) seperti halnya paru-paru yang meradang, terutama memengaruhi kantung udara kecil yang disebut alveoli. Pneumonia sering disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh berbagai agen seperti virus, bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya seperti parasit. Selain itu, pneumonia juga disebabkan oleh bahan kimia beracun.

Radang amandel

Amandel adalah sekumpulan limfatik di belakang tenggorokan, berfungsi sebagai persimpangan saluran udara dan sekaligus gerbang penting untuk perlindungan pernapasan. Fungsi utama dan paling penting dari amandel adalah untuk mencegah serangan mikroorganisme (virus, bakteri, jamur) pada tubuh.

Selain itu, amandel juga mengeluarkan antibodi alami terhadap infeksi. Untuk saluran udara, amandel dianggap sebagai “pelindung dan penjaga” hebat saluran udara. Tonsilitis kronis (radang amandel akibat infeksi berlebihan) adalah radang amandel palatum yang berulang-ulang.

Bronkiektasis

Pneumonia berulang dapat menyebabkan bronkiektasis. Saluran udara, dan bronkus akan membengkak yang dapat menghasilkan banyak lendir. Disertai dengan mengi, napas pendek, bau mulut, kulit pucat, tubuh lemah.

TBC

TBC adalah penyebab utama dahak berdarah di pagi hari. Biasanya disertai pula dengan demam ringan di sore hari, lelah, berkeringat di malam hari, penurunan berat badan tanpa sebab. Untuk menentukan dengan tepat apakah kondisi ini disebabkan oleh tuberkulosis atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan dan tes medis.

Penyakit paru obstruktif kronis juga dapat menyebabkan kerusakan parenkim paru-paru, pembuluh darah paru, kerusakan saluran napas, serta mengakibatkan dahak berdarah. Tanda-tanda khas penyakit paru obstruktif termasuk sesak napas dan batuk produktif. Seringkali orang akan batuk dengan dahak berdarah di pagi hari, dan adanya lendir disertai dengan nanah.

Kanker paru-paru

Dahak di pagi hari mungkin juga merupakan tanda peringatan dini adanya kemungkinan kanker paru-paru yang sedang berkembang. Kemungkinannya bahkan bahkan mencapai 20% jika tidak disertai masalah kesehatan lain sebelumnya. Pada saat demikian, pasien biasanya akan memiliki tanda-tanda lain seperti kehilangan nafsu makan, mengi, nyeri dada, kelelahan, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas dan batuk berdarah.

Kanker mulut

Kanker mulut adalah kanker ganas yang biasanya terjadi di langit-langit posterior, sumbing tenggorokan atau “faring”. Kanker nasofaring berbeda dari kanker lain ketika muncul, termasuk penyebabnya, perilakunya dan pengobatannya. Selain batuk berdarah, kanker juga bisa diikuti dengan gejala sakit tenggorokan, leher, telinga dan penurunan berat badan tiba-tiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here