Beranda Pengetahuan 10 Tanda Tak Biasa Tubuh Bermasalah, Termasuk Uban Sebelum Usia 40

10 Tanda Tak Biasa Tubuh Bermasalah, Termasuk Uban Sebelum Usia 40

Rambut beruban di usia muda
Rambut beruban di usia muda

Saat tubuh mengalami suatu masalah yang mengganggu sistem kerja normalnya, ia akan mengirimkan sinyal berupa rasa sakit atau tanda-tanda yang muncul secara fisik. Sekecil apapun masalah kesehatan yang dialami, tubuh tetap akan memberikan sinyal peringatan agar kita (sebagai pengendali tubuh) melakukan tindakan perbaikan yang semestinya.

Ketidakseimbangan zat di dalam tubuh juga bisa memicu masalah kesehatan misalnya tingkat kolesterol yang tinggi, tekanan darah tidak normal (terlalu tinggi atau rendah) dan lain-lain. Selain yang sudah umum seperti kepala pusing, perut sakit, tangan kram dan sebagainya, ada tanda-tanda tidak biasa lainnya yang menunjukkan bahwa tubuh kita sebenarnya sedang bermasalah atau tidak sehat.

Dari kaki yang terasa dingin hingga kulit yang kasar dan kering serta alis yang tidak rata, betapa banyak orang tidak menyadari bahwa gejala-gejala ini sebenarnya bisa menjadi tanda-tanda sesuatu yang lebih serius.

Rambut beruban sebelum usia 40 tahun

Bagi kebanyakan orang, rambut menjadi putih karena uban bukanlah perkara yang perlu dikhawatirkan, karena ini biasanya hanya bagian alami dari proses bertambahnya usia.

Namun, David Bank, MD, menjelaskan kepada WebMD bahwa uban prematur juga dapat dikaitkan dengan anemia, gangguan tiroid, kekurangan vitamin B12, dan vitiligo.

Mata Layu

Kebanyakan orang menganggap bahwa mata yang tampak layu disebabkan karena penuaan. Namun, Lembaga Mata Selandia Baru menjelaskan bahwa beberapa penyebab lain mungkin adalah masalah saraf, penyakit tertentu atau cedera, termasuk juga paparan berlebihan sinar matahari.

Dalam kondisi yang sudah parah, mata layu biasanya sampai mengganggu penglihatan. Jika ini terjadi pada Anda, segera mungkin menemui dokter saraf karena ini jelas bukan masalah mata biasa.

Leher bengkak atau ada benjolan

Kebanyakan orang beranggapan bahwa leher bengkak bisa disebabkan karena posisi tidur yang salah atau alasan mainstream lainnya. Namun, dalam hal ini jika Anda memiliki leher bengkak yang tidak normal dan tidak kunjung dalam waktu lama, itu bisa menjadi indikasi masalah tiroid.

Masalah tiroid dapat memengaruhi segalanya mulai dari tingkat stres hingga suasana hati, detak jantung, dan suhu tubuh, jelas OnHealth.

Kuku yang tidak sedap dipandang

National Health Service Inggris menjelaskan bahwa kuku dapat memberi tahu banyak tentang kondisi kesehatan kita. Perhatikan jika kuku mulai berubah warna atau bentuk yang tidak biasa.

Menurut NHS, jika kuku kita terdapat garis horizontal tidak biasa, itu bisa menjadi tanda gizi buruk atau penyakit lain sebelumnya.

Mereka juga menyatakan bahwa jika seseorang memiliki kuku berbentuk sendok yang melengkung ke arah luar, itu bisa menjadi gejala anemia.

Alis Pendek

Kebanyakan orang beranggapan bahwa alis yang menipis dan memendek adalah tanda dari penuaan yang teratur.

Tetapi dalam hal ini jika kehilangan rambutnya dari ujung luar alis, itu bisa menjadi tanda tiroid yang belum aktif, jelas WebMD.

Tiroid yang tidak aktif, atau hipotiroidisme, memengaruhi hormon dan metabolisme tubuh penderitanya.

Mata tidak begitu putih

Seringkali, mata kekuningan bisa menjadi pertanda bahwa orang tersebut sedang dalam keadaan letih atau lelah. Tetapi jika mata tetap kuning lebih lama dari biasanya, itu bisa menjadi tanda penyakit kuning, jelas MedicineNet.

Menurut MedicineNet, “Penyakit kuning, juga disebut icterus, adalah timbulnya warna kuning pada kulit dan sklera (bagian putih mata) dengan tingkat darah abnormal yang tinggi dari bilirubin pigmen empedu.”

Pada orang dewasa, ada berbagai masalah yang dapat menyebabkan penyakit kuning, jadi dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan menyeluruh jika pasien datang dengan penyakit kuning.

Kulit gelap tidak terpapar sinar matahari

Jika kulit menjadi gelap padahal tidak atau jarang terkena sinar matahari, itu jelas tidak normal dan merupakan sinyal adanya ketidakberesan dalam tubuh.

Kondisi tersebut bisa menjadi tanda dari penyakit langka yang disebut penyakit Addison, yang juga dapat menimbulkan rasa sakit, lelah, dan sering sakit-sakitan, menurut Mayo Clinic. Untungnya, penyakit ini relatif cukup mudah diobati.

Bibir pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah seringkali disebabkan karena cuaca panas atau berada di lingkungan yang kurang lembab. Tetapi jika pecah-pecah tersebut berada di sudut mulut, hal itu bisa disebabkan oleh rendahnya kadar zink atau vitamin B dalam tubuh.

Bisa juga disebabkan karena terlalu banyak asupan vitamin A, jelas Bustle.

Kulit Ayam

Kulit ayam, atau ketosis pilaris, yang disebabkan oleh terlalu banyak keratin, cukup umum. Banyak orang mengalami benjolan kecil di punggung lengan dan pahanya disebabkan karena penyakit ini.

WebMD menjelaskan bahwa keratin, yang melindungi kulit dari infeksi dan hal-hal berbahaya lainnya, dapat menumpuk dan membentuk sumbatan yang menghalangi bukaan folikel rambut dan menyebabkan benjolan kecil-kecil.

Kaki Dingin

Jika Anda sering merasa kaki kedinginan meski bukan musimnya, itu bisa menjadi tanda penyakit pembuluh darah.

Selain itu, jika kedua tangan dan kaki secara tidak wajar dingin, itu bisa menjadi pertanda adanya sindrom Raynaud, yang memicu masalah berkaitan kekebalan tubuh atau autoimun.

Jika memiliki salah satu dari gejala di atas, Anda tidak perlu langsung cemas ataupun khawatir, tetapi harus menyebutkannya ke dokter pada saat kunjungan ke klinik rumah sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here