Beranda Pengetahuan 11 Makanan Ini Tidak Pernah Basi atau Kadaluarsanya Lama

11 Makanan Ini Tidak Pernah Basi atau Kadaluarsanya Lama

Makanan yang tidak kadaluarsa
Kecap

Apakah Anda sering membuat persediaan makanan untuk kebutuhan jangka lama? Maka biasanya buah-buahan kering dan tuna kalengan akan bertahan lebih lama dari jenis lainnya. Tetapi jika Anda menginginkan makanan yang jauh lebih lama lagi, beberapa makanan di bawah ini sepertinya akan cocok untuk dijadikan persediaan.

Pun demikian, cara penyimpanan yang tepat juga penting. Jadi, cara terbaik dan sempurna untuk mengawetkan makanan adalah menyimpannya di tempat gelap yang sejuk dengan sedikit fluktuasi suhu. Kehilangan rasa adalah hal yang normal ketika makanan disimpan dalam waktu sangat lama, tetapi itu bukan berarti tidak aman untuk dimakan.

1. Tepung Jagung

Tepung jagung yang biasanya digunakan sebagai bahan pengental untuk makanan seperti saus biasanya digunakan dalam jumlah sedikit saja sehingga harusnya bisa bertahan lebih lama. Agar tepung jagung tidak terbatas, ingatlah untuk menjaganya tetap kering, tertutup rapat dan simpan di tempat yang dingin.

2. Cuka Suling Putih

Cuka sifatnya sangat asam, oleh karena itu sebenarnya sangat cocok digunakan untuk menjaga makanan lain tetap segar. Untuk cuka suling putih sendiri bisa tetap segar hingga bertahun-tahun.

3. Kacang Kering

Kacang kering bisa tetap aman dimakan untuk waktu yang tidak terbatas. Namun biasanya akan membutuhkan waktu lebih lama untuk melunak ketika dimasak, atau bahkan tidak sepenuhnya melunak sama sekali, setelah sekitar 1-2 tahun. Tetapi kacang kering tidak kehilangan nilai gizinya seiring bertambahnya usia, oleh karena itu umur simpannya diklasifikasikan sebagai tidak terbatas.

4. Ghee

Ghee adalah sejenis mentega yang dibuat dari olahan sapi, dan digunakan sebagian besar di negara-negara Asia Selatan seperti Bangladesh dan India. Ghee adalah mentega yang dijernihkan, dibuat dengan mengaduk dan merebus mentega biasa sampai air menguap, sehingga hanya menyisakan lemak mentega dan protein susu. Ghee adalah bagian lemak menteganya.

Ketika sudah digunakan dan sisanya disimpan dengan benar, tidak memerlukan pendinginan dan bisa bertahan selamanya. Ghee adalah pengganti yang bagus untuk minyak goreng, dan kaya akan vitamin, dan bisa menambahkan rasa mentega yang hilang.

5. Madu

Madu dikenal sebagai satu-satunya makanan yang benar-benar bertahan selamanya, ini disebabkan oleh hasil kerja lebah dan keajaiban kimiawinya. Nektar yang berasal dari bunga bercampur dengan enzim di dalamya kemudian diekstraksi oleh lebah. Hal ini mengubah komposisi nektar, oleh karena itu memecahnya menjadi gula sederhana yang disimpan ke dalam sarang madu. Enzim dari perut lebah dan aksi mengipasi dari sayap lebah membuat cairan keduanya menjadi sangat asam, dan memiliki kelembaban rendah. Keadaan ini menjadikan madu sebagai habitat sangat tidak ramah untuk pertumbuhan bakteri.

Cara penyegelan dan pemrosesan madu juga menambah umur simpannya yang tidak terbatas.

Tetapi, meskipun kelembabannya rendah, gula-gula madu bersifat higroskopis, yang berarti menyerap uap air dari udara. Ketika madu yang disaring dan dipanaskan disegel dengan benar, kelembaban tidak dapat diserap, oleh karena itu, madu tetap sama selamanya. Peneliti pernah menemukan madu dalam sebuah guci kuno yang diyakini berumur 5.500 tahun.

6. Kopi Instan

Selama kopi instan masih tertutup dengan rapat, ia akan bertahan sangat lama tanpa batas waktu.

7. Sirup Maple Murni

Sebuah Panduan Penyimpanan Makanan yang dibuat oleh Utah State University, mengelompokkan sirup maple murni bersama dengan gula komersial lainnya, seperti gula granular dan madu, memiliki masa simpan yang tidak terbatas “karena ketahanannya terhadap pertumbuhan mikroba, termasuk jamur.”

The Massachusetts Maple Producers Association, juga sepakat  bahwa sirup maple yang tidak dibuka akan bertahan selamanya. Tetapi di sisi lain, mereka juga memberikan arahan kepada pelanggan jika muncul jamurnya, “Jika tumbuh jamur yang sifatnya tidak berbahaya terbentuk di permukaan, cukup masukkan sirup dalam air mendidih, lalu gosok permukaannya, dan tempatkan dalam wadah yang bersih, lalu dinginkan.”

8. Garam

Garam laut, garam dapur, dan jenis garam lainnya akan tetap segar seperti saat pertama membelinya. Bahkan kondisinya akan tetap seperti itu selama bertahun-tahun. Sodium chloride adalah mineral yang diambil dari Bumi, oleh karena itu, sifatnya yang permanen seharusnya tidak mengherankan. Selain itu, garam juga telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai alat untuk mengawetkan makanan karena membantu menghilangkan kelembaban.

Akan tetapi, garam yang ada di lemari Anda mungkin tidak bertahan selamanya. Morton Salt menyatakan bahwa menambahkan yodium ke garam meja, akan mengurangi umur simpannya. Karena itu, jika di kemasannya ada keterangan garam beryodium, perkirakan masa kadaluarsanya selama sekitar 5 tahun.

9. Kecap

Saus kedelai sangat tinggi kandungan garam, yang dapat mencegah bakteri tumbuh di dalamnya. Meskipun kecap masa kadaluarsanya sangat lama atau bahkan tidak terbatas, tetapi mungkin rasanya tidak akan enak, seperti ketika masih segar.

Lebih baik meletakkannya di tempat yang sejuk dan dingin. Kecap dapat digunakan sebagai bumbu untuk memasak atau sebagai saus makanan.

10. Gula

Bagian tersulit dengan gula bukanlah menjaganya agar tetap segar, tetapi agar gula tersebut tidak menjadi keras. Gula tidak basi karena tidak mendukung pertumbuhan bakteri.

Pastikan untuk menempatkannya di wadah kedap udara untuk menjaga kelembaban dan kerubutan semut.

11. Nasi Putih

Para peneliti melaporkan bahwa beras putih dapat mempertahankan rasa dan kandungan nutrisinya selama 30 tahun, ketika disimpan dalam wadah bebas oksigen dan dalam suhu di bawah 40 derajat Fahrenheit.

Beras merah di sisi lain, tidak mampu bertahan lama atau setidaknya selama enam bulan karena kandungan minyak alami yang ada di lapisan dedaknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here