10 Batu Permata Paling Mahal di Dunia, Bisa Bikin Kaya Mendadak

Ngomongin soal batu permata, kebanyakan orang langsung kepikiran bahwa berlian adalah yang paling langka dan mahal di dunia. Namun sebenarnya ada beberapa jenis batu permata lain yang jauh lebih berharga dan langka. Berikut adalah 10 batu permata termahal di dunia. Memiliki salah satu batu permata ini bahkan bisa bikin seseorang kaya mendadak.

10. Jeremejevite - 2.000 USD / Carat


Jeremejev adalah kristal biru murni dengan bentuk yang indah, termasuk di antara salah satu batu permata paling langka di dunia. Kristal tersebut dinamai demikian oleh ahli mineral Rusia Pavel Jeremejev setelah ia menemukannya pada 1883, di Namibia. Secara alami, mineral ini berwarna kuning pucat atau tidak berwarna, dan dalam bentuk piramida lonjong. Batu ini telah bingung bercampur dengan mutiara aquamarine di masa lalu. Pada awal 2005, Jeremejev 2,93 karat dijual online dengan harga US $2.000 / karat.

9. Black Opal - 2.355 USD / Carat


Opal berasal dari kata Romawi kuno Opalus (yang berarti warna pelangi). Permata mata kucing ini sangat langka karena memiliki semua warna batu mulia lainnya yang digabungkan. Khususnya, opal hitam adalah batu permata yang paling berharga. Opal juga diyakini memiliki efek meningkatkan penglihatan seseorang dan mencegah uban dini. Australia dianggap sebagai negara yang memiliki deposit mineral Opal terbanyak (terhitung 95%), sisanya tersebar di negara-negara seperti Meksiko, Brasil utara, negara bagian Idaho, Nevada, Ethiopia, dan Mali di AS.

8. Red Beryl - 10.000 UDS / Carat


Beryl Merah yang langka ini terutama ditambang di Pegunungan Thomas dan Pegunungan Wah Wah di Utah (AS) serta beberapa bagian di Meksiko. Di tempat-tempat ini, Beryl Merah ditemukan di Rhyolite, di mana ia dikristalisasi pada tekanan sangat rendah dan suhu yang sangat tinggi, di sepanjang celah dan lubang magma vulkanik. Dapat dikatakan bahwa di dunia, sangat sulit untuk menemukan permata langka dan berharga dengan potongan alami seperti Beryl Merah.

7. Musgravite - 35.000 USD / Carat


Musgravite adalah salah satu batu permata terbaru dan terlangka di dunia. Musgravite adalah mineral silikat yang terdiri dari berilium (Be), magnesium (Mg) dan aluminium (Al). Kristal ini dinamai demikian setelah pegunungan Musgrave di Australia tengah - tempat pertama kali batu permata tersebut ditemukan. Belakangan, Musgravit terus ditemukan di Greenland (Denmark) dan Madagaskar. Pada tahun 1993, dua Musgravite persegi langka pertama kali ditemukan di Sri Lanka.

6. Grandidierite - 50.000 USD / Carat


Mineral sianotik yang langka ini sebagian besar ditemukan di semenanjung Madagaskar dan dinamai menurut penjelajah Prancis dan sejarawan alami Alfred Granidier. Potongan Grandidierite pertama dan satu-satunya yang ditemukan sampai saat ini adalah di Sri Lanka. Awalnya orang keliru menyebut batu ini sebagai Serendibite dan kemudian diakuisisi oleh profesor mineralogi Swiss Edward J. Gübelin (1913 - 2005) pada Mei 2000. Batu ini memiliki berat 0,29 karat dan mampu mengubah warna dari biru, hijau ke putih cerah.

5. Painite - 50.000 hingga 60.000 USD / Carat


Batu ini dulunya dianggap sebagai mineral paling langka di Bumi, dan masih dianggap langka hingga saat ini. Pada tahun 1950, ahli mineral Inggris menemukan batu permata ini untuk pertama kalinya di Myanmar. Ketika dinilai sebagai mineral baru, dinamai sesuai nama Arthur C.D. Pain. Selama bertahun-tahun, hanya tiga kristal Painite kecil yang ditemukan di dunia. Sampai sebelum 2005, hanya ada kurang dari 25 kristal yang digali di Myanmar.

4. Blue Garnet - 1,5 juta USD / Carat


Garnet ditemukan dalam banyak warna seperti merah, oranye, pink, kuning, hijau, ungu, coklat, hitam dan tidak berwarna. Secara khusus, garnet biru adalah yang paling langka, ditemukan pada akhir 1990-an di Bekily, Madagaskar dan beberapa tempat lain di AS, Rusia dan Turki. Permata ini memiliki kemampuan untuk mengubah warna dari cyan blue di bawah sinar matahari menjadi ungu di bawah cahaya filamen. Fenomena ini disebabkan oleh komposisi garnet biru yang mengandung banyak mineral Vanadium - logam langka yang berwarna biru, perak, dan abu-abu. Pada tahun 2003, garnet biru 4,2 karat dijual seharga $6,8 juta.

3. Serendibite - 1,8 hingga 2 juta USD / Carat


Permata ini memiliki komposisi kompleks yang tidak biasa seperti kalsium, magnesium, aluminium, silikon, boron dan oksigen. Serendibite adalah mineral biru (cyan), berasal dari Sri Lanka. Sejauh ini, hanya ada 3 jenis Serendibite telah ditemukan di dunia, dengan berat masing-masing 0,35 karat, 0,55 karat dan 0,56 karat. Dua yang pertama ditemukan oleh ahli batu langka D. P. Gunasekera, yang kemudian diakuisisi oleh profesor Swiss E. J. Gübelin. Secara khusus, serendibite ukuran terkecil diberi harga 1,43 juta USD / Carat.

2. Red Diamond - 2 hingga 2,5 juta USD / Carat


Saat ini berlian merah adalah mineral alami paling langka. Sangat sedikit orang yang memiliki kesempatan untuk melihatnya secara langsung. Jenis batu permata langka ini berwarna merah keunguan. Terlepas dari ukuran dan beratnya, berlian merah adalah salah satu berlian yang paling mahal di dunia. Tambang Argyle Australia adalah rumah bagi sejumlah kecil batu permata ini dan setiap satu atau dua tahun, orang akan memilih berlian merah terbesar dan terindah untuk dilelang dengan harga jutaan dolar.

1. Jadeite - lebih dari 3 juta USD / Carat


Hingga saat ini, Jadeite masih dianggap sebagai batu permata paling misterius, langka dan mahal di dunia. Jadeite dapat mengubah warna dari biru menjadi merah dan sebaliknya. Permata indah ini berasal terutama dari Madagaskar. Selain itu, juga ditemukan di Meksiko dan negara bagian California (AS). Pada tahun 1997, harga rekor termahal untuk sepotong perhiasan dengan kombinasi 25 manik-manik Jadeite 0.5mm dijual seharga 9,3 juta USD.

Jangan Lewatkan


Tulis Komentar Sembunyikan Komentar

Disqus Comments