Beranda Dunia Islam 7 Pedoman Hidup Sehat Islam yang Sesuai Ilmu Pengetahuan

7 Pedoman Hidup Sehat Islam yang Sesuai Ilmu Pengetahuan

Makanan sehat Islam
Ilustrasi makan-makanan sehat

Hidup sehat dapat dicapai dengan pola hidup yang sehat dan seimbang, seperti berolahraga secara rutin dan makan-makanan yang bergizi. Dalam agama Islam kita diajarkan bahwa seseorang tidak dapat memiliki kesehatan yang maksimal tanpa adanya keseimbangan mental.

Seperti namanya Islam, yang secara ringkasnya berarti Selamat. Agama Islam didasarkan pada prinsip-prinsip perdamaian, tetapi aturannya bukan hanya tentang spiritualitas para pengikutnya. Tetapi juga tentang pedoman-pedoman bermanfaat dalam menjalani rutinitas harian yang sehat. Berikut adalah beberapa tips Pedoman Hidup Sehat menurut Islam yang sangat bermanfaat dan sesuai dengan kaidah ilmu pengetahuan:

Hindari Minum-minuman Beralkohol

Dalam Islam, diajarkan bahwa minuman alkohol tidak boleh dikonsumsi atau haram bagi orang Islam. Tentu ini bukan karena tanpa alasan, telah banyak bukti yang menunjukkan bagaimana konsumsi alkohol dapat merusak, termasuk menyebabkan sirosis hati dan penurunan kemampuan konsentrasi. Alkohol juga dapat berkontribusi pada berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit Alzheimer, anemia, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

Hindari Makan Daging Babi

Bahkan yang bukan beragama Islam sekalipun tahu bahwa makan daging adalah yang paling dilarang dalam ajaran Islam. Meskipun daging babi adalah salah satu daging yang lumayan banyak dikonsumsi secara global. Namun dalam kenyataannya, mengonsumsi daging babi dapat menularkan beberapa bakteri dan virus yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Tidak Berlebihan dalam Hal Apapun

Islam sangat menekankan moderat atau keseimbangan dalam semua aspek kehidupan, termasuk diet sehari-hari. Dalam Surah Al-A’raf ayat 31 dijelaskan, “Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sesungguhnya, Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan

Menggunakan Tusuk Gigi (Siwaak)

Setiap selesai makan, Nabi Muhammad menganjurkan para pengikutnya untuk menggunakan siwaak atau tusuk gigi. Gunanya adalah untuk membersihkan mulut dengan menghilangkan penumpukan makanan dan membantu mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang.

Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Makan

Nabi Muhammad juga mengatakan kepada para pengikutnya agar membersihkan tangan sebelum dan sesudah makan, karena itu merupakan sunnah. Faktanya, penggunaan handuk sebagai pembersih tangan, bukan air, justru dapat menyebabkan penularan infeksi, terutama jika handuk digunakan bersama orang lain.

Kebersihan Diri Lebih Penting

Ajaran Islam menekankan pada kebersihan diri termasuk pakaian yang diekanakannya. Menurut sebuah hadits riwayat At-Tirmidzi disebutkan, “Sesungguhnya Allah Subahanahu wa Ta’ala itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu”

Selalu Tutup Peralatan Dapur

Kesehatan yang baik terkait dengan bagaimana kita merawat peralatan di dalam rumah, terutama peralatan dapur. Menurut Nabi Muhammad, menutupi peralatan untuk makan sangatlah penting, sehingga debu kotoran dan serangga di rumah tidak sampai menyentuh makanan.

Ajaran Islam tentang kesehatan sebenarnya sudah banyak dijabarkan dalam kitab suci Al-Qur’an, termasuk tips bermanfaat tentang bagaimana mencapai diet seimbang. Dalam Islam, diet seimbang bukan hanya tentang menghindari makanan tertentu, namun juga bagaimana memilih makanan sehat yang harus kita konsumsi sehar-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here