Beranda Pengetahuan Alasan Kenapa Ada 5 Tonjolan di Botol Soda dan Air Putih Tidak

Alasan Kenapa Ada 5 Tonjolan di Botol Soda dan Air Putih Tidak

Rahasia botol soda
Ada lima tonjolan di botol soda

Minuman ringan dan botol soda, terutama yang terbuat dari plastik seringkali bagian bawahnya tidak rata. Bagian bawah botol biasanya memiliki 5 tonjolan (bergelombang). Botol-botol tersebut dirancang demikian sebenarnya bukan soal untuk penampilan agar terkesan mewah atau berbeda dari yang lain, melainkan ada tujuan spesifiknya.

Ada beberapa penjelasan terkait desain yang berbeda tersebut. Pertama, benjolan atau kerutan di kaki botol berguna untuk meningkatkan stabilitas dan kekuatan botol. Ambil saja selembar kertas dan kemudian lipat. Sekarang tekuk melengkung (menggulung) salah satu sisi lembaran dan coba lipat lagi. Maka sekarang akan terasa ada sedikit energi perlawanan.

Sekarang, coba gulung kertas menjadi bentuk pipa dan coba lipat. Maka efeknya akan terasa sedikit lebih sulit untuk melipatnya dibanding bentuk kertas biasa. Membengkokkan material apa pun akan meningkatkan kekuatan dan kekakuannya. Hal ini karena; menggulung kertas dapat meningkatkan momen inersia di sekitar sumbu lentur.

Minuman ringan seringkali disajikan dingin. Ketika cairan didinginkan, volumenya berubah dan botol tidak boleh tertekuk karena perubahan volume ini. Sudut atau ujung benjolan dapat sedikit mengembang / berkontraksi tanpa putus yang berguna untuk menangani perubahan volume cairan tersebut.

Alasan lainnya adalah sebagian besar minuman ringan diberi tekanan dengan mengisi gas di dalamnya, botol plastik harus mampu menahan tekanan tersebut. Selain itu juga berguna untuk menyerap goncangan (agar botol tidak pecah) ketika mungkin kalian secara tidak sengaja menjatuhkannya.

Ukuran botolnya juga terlihat terus menurun semakin ke atas, ini bertujuan untuk menurunkan pusat gravitasi dan sekaligus meningkatkan stabilitas botol. Seperti halnya pada botol kaleng, bagian bawahnya juga melengkung ke dalam, yang berguna untuk tujuan stabilitas botol saat diletakkan di suatu tempat.

Dalam hal desain botol air dan botol jus biasa, karena tidak bertekanan, sehingga tidak dibuat memiliki tonjolan seperti botol soda pada umumnya. Meski demikian, bahkan botol air pun juga memiliki lekukan kecil di bagian bawahnya untuk meningkatkan stabilitas. Ada sejumlah paten dan banyak rekayasa di balik kaki botol yang tidak umum orang ketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here