Beranda Kesehatan Cara Mengolah Lemon Jadi Obat Mujarab untuk Asam Urat

Cara Mengolah Lemon Jadi Obat Mujarab untuk Asam Urat

Jus lemon untuk asam urat
Jus lemon untuk asam urat

Sakit encok atau asam urat disebabkan oleh adanya terlalu banyak asam dalam tubuh diambang batas normal. Para ahli mengatakan bahwa melakukan satu perubahan kecil pada pola makan dapat membantu mencegah serangan menyakitkan dari kondisi ini.

Jika tubuh seseorang memproduksi terlalu banyak zat yang dikenal sebagai asam urat, atau ginjal tidak dapat lagi menyaringnya keluar secara normal dari tubuh, lambat laun akan menumpuk dan menyebabkan kristal terbentuk di sekitar sendi. Akibatnya, area tersebut dapat menjadi sakit dan meradang, menyebabkan persendian terasa lembut, panas dan membengkak, yang dapat membuat kulit di sekitar persendian sakit luar biasa.

Mereka yang menderita asam urat sering kali merasakan sakit luar biasa jika tubuh digerakkan, sehingga mengharuskan mereka tetap diam sampai sakitnya mereda dengan sendirinya.

Penelitian terbaru melaporkan bahwa mengonsumsi lemon secara tepat dapat membantu meredakan gejala-gejala kondisi akibat asam urat.

Manfaat Jus Lemon untuk Asam Urat

Lemon adalah buah yang termasuk dalam keluarga jeruk. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon memberikan rasa asam, sedangkan dagingnya biasa digunakan untuk memanggang dan memasak. Lemon juga berfungsi sebagai bahan utama dalam banyak minuman dan makanan karena rata-rata kandungan jus airnya yang lumayan sekitar 3 sendok makan jus.

Termasuk dalam keluarga jeruk, lemon secara alami kaya akan vitamin C, merupakan obat alami yang terkenal efektif untuk encok. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah jeruk seperti clementine, jeruk, tangerine dan lemon dapat membantu melarutkan asam urat dalam darah. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar asam sitrat dalam lemon tersebut, sehingga akumulasi kristal penyebab asam urat akan hancur dengan sendirinya.

Vitamin C juga sudah dikenal secara luas sebagai obat alami untuk asam urat, yang dikenal mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh Anda. Asam urat yang tinggi adalah penyebab utama asam urat, jadi jika kita dapat mempertahankan dan menurunkan asam urat tubuh pada tingkat yang sehat, yaitu di bawah 6mg / dL, maka tubuh secara otomatis juga terhindar dari efek menyakitkan asam urat..

Cara Mengolah Jus Lemon untuk Obat Asam Urat

Metode 1 – Jus Lemon dalam Air

  • Peras jus dari 1-2 buah lemon ke dalam segelas air tawar.
  • Minumlah di pagi hari ketika baru bangun tidur, saat perut kosong.
  • Lakukan ini setiap hari secara rutin

Metode 2 – Jus Lemon dengan Soda Kue

Anda juga dapat menambahkan soda kue atau natrium bikarbonat ke jus lemon dan air untuk membuat minuman penyeimbang pH yang kuat namun bekerja cepat. Komposisi minuman ini dapat mengubah pH dengan sangat cepat saat dikonsumsi, tetapi ada satu hal yang perlu Anda pahami tentang obat asam urat ini, menurut TheGoutSite:

Sodium bikarbonat adalah “penyangga”, istilah teknis yang berarti bahwa, ketika ditambahkan ke cairan, ia memiliki kemampuan untuk mengubah pH asli cairan, terlepas apakah itu asam atau basa, ke pH 7, yaitu netral; tidak asam atau basa.

Perlu diingat bahwa Anda juga harus menjaga tubuh sedikit lebih basa daripada kelebihan asam. Obat ini digunakan saat timbulnya asam urat dan bukan untuk perawatan terus-menerus. Setelah gejalanya mereda, Anda harus berhenti mengonsumsinya.

Petunjuk singkat cara pembuatan jus lemon

  1. Tambahkan 2 sendok makan jus lemon ke dalam 8 ons air dalam gelas.
  2. Tambahkan ½ sendok makan soda kue.
  3. Aduk rata.
  4. Campuran ini nantinya akan menciptakan busa, terus aduk dan tunggu sampai benar-benar rata sebelum diminum.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here