Beranda Pengetahuan Fakta Menarik Tentang Surga Menurut Alkitab Perjanjian Lama

Fakta Menarik Tentang Surga Menurut Alkitab Perjanjian Lama

Lokasi Surga Taman Eden
Ilustrasi Taman Eden

Menurut Alkitab Perjanjian Lama, Genesis, Taman Eden adalah surga dunia di mana pria dan wanita pertama, Adam dan Hawa, tinggal. Genesis memiliki kisah utama Taman Eden, tetapi buku-buku Perjanjian Lama lainnya merujuknya, seperti Yehezkiel dan Yesaya3.

Makna, dan sejarah kata Eden telah banyak dibahas. Di masa lalu diyakini bahwa kata tersebut kemungkinan berasal dari kata Sumeria yang berarti “polos”. Hingga saat ini (kemudian) lebih umum diyakini berasal dari kata Aramaic yang berarti “berbuah”, atau “Berair”.

Menurut kisah dalam Kejadian Lama, ketika Yesus menciptakan taman tersebut, di bawah arahan Allah, ia menanam banyak pohon yang “baik untuk dimakan”. Setelah menciptakan Adam, dia ditempatkan di Taman Eden agar dia bisa mengurusnya.

Adam dan Hawa diberi tahu bahwa mereka dapat makan dari pohon apa pun di taman tersebut, selain dari Pohon Tree of Knowledge of Good and Evil (Pengetahuan Baik dan Jahat).

Taman Eden tidak hanya berisi pria dan wanita pertama, beserta pohon-pohon yang baik untuk makanan, tetapi juga memiliki banyak hewan dan burung. Adam diberi tugas untuk menyebutkan semuanya.

Genesis tidak menyebutkan secara jelas detail terkait di mana sebenarnya tempat Taman Eden berada. Dikatakan bahwa taman itu ditanam di “timur”. Tidak jelas apakah ini bisa berarti bahwa Taman tersebut ditanam di Timur dari suatu tempat yang disebut Eden, atau Eden yang berada di Timur.

Kejadian Lama juga menyebutkan bahwa ada empat sungai mengalir keluar dari taman ini. Tidak jelas apakah sungai-sungai ini terhubung satu sama lain entah bagaimana, atau apa nama sungai-sungai ini. Karena banyaknya ketidakpastian, sulit untuk mengetahui di mana sebenarnya Taman Eden ditempatkan.

Sejumlah orang dan kelompok agama telah mencoba mencocokkan Taman ini di peta. Banyak yang percaya bahwa situs aslinya mungkin berada di atau sekitar Lebanon, Irak, Teluk Persia, atau Afrika. Para anggota The Church of Jesus Christ of Latter-day Saints (atau yang biasa dikenal dengan Mormon) percaya bahwa Taman Eden pada awalnya ditempatkan di tempat yang sekarang dikenal sebagai Jackson County, Missouri.

Sebagian yang lainnya percaya bahwa kisah Taman Eden hanyalah sebuah alegori, dan tidak bisa dianggap secara harfiah ada. Jika ini masalahnya, maka Taman Eden kemungkinan tidak pernah menjadi taman nyata di Bumi, tetapi hanya sebuah cerita untuk mewakili suatu makna yang lebih dalam.

Sumber referensi:

  • Wikipedia
  • Genesis 2:8 KJV
  • Ezekiel 28:12-19 KJV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here