Beranda Kesehatan Meski Sepele, Kesalahan Makan Siang Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik

Meski Sepele, Kesalahan Makan Siang Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik

Ilustrasi makan siang tidak sehat

Jangan meremehkan pentingnya makan siang, terutama untuk para pekerja kantoran. Makan siang sama pentingnya dengan sarapan, karena bisa menyuplai energi untuk kegiatan sore hari. Ada beberapa kebiasaan yang tampaknya sepele dan tidak berbahaya namun dapat merusak keseimbangan energi sepanjang hari.

Kesalahan saat makan siang ini jika sering dilakukan dapat membuat seseorang lebih cepat mengalami kenaikan berat badan.

Faktanya, 90% dari kita justru masih banyak yang melakukan empat kesalahan ini saat makan siang. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut? Berikut ini diantaranya:

Makan siang terlambat

Makan siang terlalu larut adalah kebiasaan salah yang banyak dilakukan orang. Makan siang tidak tepat waktu atau terlalu larut akan menyebabkan rasa lapar, cemas, gelisah, yang menandakan gula darah sedang rendah. Dampak berikutnya, tubuh akan membutuhkan lebih banyak asupan glukosa. Hal ini biasanya akan mengarah ke keinginan untuk ngemil makanan-makanan manis seperti permen, donat, dan lain-lain. Dampaknya tentu saja, akan menyebabkan kenaikan berat badan tanpa terkendali

Makan siang terlalu sedikit

Jika Anda berniat menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan siang, maka itu salah. Makan siang terlalu sedikit bisa menyebabkan tubuh menyerap nutrisi yang tidak cukup, kondisi ini tidak berpengaruh pada penurunan berat badan.

Pilihan yang tepat untuk menu makan siang adalah makanan yang kaya serat alami seperti sayuran, kacang-kacangan, yang dapat memberi perut rasa kenyang lebih cepat dan lebih lama, mengurangi hasrat akan makanan di sore harinya.

Selain itu, juga bisa memilih makanan kaya protein seperti telur, ayam, tuna, dan lain-lain. Makanan ini mengandung kadar kolesterol baik, yang membantu menyeimbangkan hormon dan meningkatkan sistem pencernaan.

Makan makanan yang tidak sehat

Efek buruk dari daging olahan, roti atau keju sudah sangat jelas. Selain itu, tidak semua hidangan yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran baik untuk proses penurunan berat badan yang mungkin sedang dijalani. Sayuran atau smoothie goreng renyah misalnya, semuanya mengandung kadar gula dan lemak tinggi yang membuat badan bertambah berat.

Makanan cepat saji

Pekerja kantor sering tidak punya waktu untuk menyiapkan makan siang di rumah, sehingga lebih suka memilih untuk makan di luar. Inilah alasan mengapa berat badan semakin bertambah tak terkendali. Makanan cepat saji seperti ayam goreng, sandwich, keripik, pizza … adalah musuh di dalam selimut yang membuat tubuh bertambah berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here