Beranda Pengetahuan Kenapa Truk Tangki Dibuat Silinder Kok Tidak Kotak? Ini Alasannya

Kenapa Truk Tangki Dibuat Silinder Kok Tidak Kotak? Ini Alasannya

Truk tangki minyak
Truk tangki minyak

Banyak jenis cairan diangkut melalui jalan darat dan kereta api. Tangki mobil yang membawa cairan ini dibuat berbentuk silinder dan bukan berbentuk kubus atau kotak. Kenapa begitu? Tangki yang dibuat kubus atau kuboid, kapasitasnya akan meningkat dan bisa menampung lebih banyak benda-benda padat (kargo). Bahkan tangki besar yang digunakan di kilang untuk menampung produk minyak bumi juga berbentuk silinder.

Hal ini karena silinder tidak memiliki sudut. Kubus dan kuboid memiliki lebih banyak ruang, tetapi sudutnya tersebut tidak cocok untuk mengangkut cairan. Saat membawa cairan di bawah tekanan, tegangan yang bekerja di sudut lebih dari tegangan yang bekerja di samping. Karena itu, tekanan akan lebih terkonsentrasi di sudut-sudut.

Keadaan ini akan menyebabkan lebih banyak peluang sebuah tangki untuk melengkung atau pecah jika dibuat kubik. Peluang retak di tangki silinder lebih kecil dibandingkan di tangki kubus. Bahkan ujungnya dibuat semi-bulat di truk-truk tangki modern.

Silinder LPG (Liquefied Petroleum Gas) yang biasa digunakan untuk memasak di rumah juga dibuat berbentuk silinder. Dibuat demikian bukan untuk agar membuatnya menggulung dengan mudah. Jika diperhatikan dengan secara seksama, kita akan menemukan bahwa silinder LPG tidak rata bawah. Melainkan memiliki dasar buatan yang dilas ke bagian bawah silinder.

Inilah sebabnya mengapa semua tangki yang mengangkut cairan dibuat berbentuk silinder. Satu keuntungan lagi adalah, cairan akan dapat dengan mudah dialirkan atau dikeluarkan dari dan ke dalam tangki ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here