Beranda Pengetahuan Olahraga dan Aktivitas Fisik Biasa Tidak Sama, Ini Dia Perbedaannya

Olahraga dan Aktivitas Fisik Biasa Tidak Sama, Ini Dia Perbedaannya

Manfaat olahraga
Olahraga senam aerobik

Banyak orang menganggap bahwa aktivitas dan olahraga adalah dua hal yang sama. Padahal keduanya adalah kegiatan yang berbeda dan memiliki tujuan atau maksud yang tidak sama. Dalam artikel ini akan dijelaskan apa yang sebenarnya membedakan antara keduanya.

Melakukan latihan fisik atau olahraga merupakan suatu keharusan guna menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar sepanjang waktu. Namun, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa melakukan banyak aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari sudah cukup, sehingga tidak perlu lagi olahraga.

Faktanya, anggapan seperti itu tidaklah seratus persen benar karena ada perbedaan besar antara aktivitas fisik biasa dengan olahraga yang memang ditujukan untuk meningkatkan kondisi atau kinerja berbagai organ tubuh.

Apa yang Dimaksud Kegiatan/Aktivitas Fisik Biasa?

Pekerjaan rumah tangga, berkebun, bergerak naik turun tangga, dan berjalan adalah beberapa contoh kegiatan fisik. Setelah memperhatikan contoh-contoh ini, kita dapat memahami bahwa, secara umum, setiap gerakan tubuh dapat disebut sebagai aktivitas fisik.

Aktivitas fisik memiliki intensitas rendah hingga sedang. Secara manfaat juga baik untuk kesehatan tubuh, tetapi ada manfaat kesehatan tertentu yang hanya dapat dicapai melalui aktivitas fisik berkelanjutan, yaitu dengan melakukan olahraga.

Apa yang Dimaksud dengan Olahraga?

Olahraga juga termasuk jenis aktivitas fisik, tetapi memiliki maksud dan tujuan khusus dalam meningkatkan aspek kesehatan tertentu. Olahraga adalah aktivitas fisik terencana yang mengarah pada peningkatan yang ingin dicapai dalam kesehatan dan kesejahteraan umum.

Fitness adalah salah satu konsep yang agaknya sulit didefinisikan karena mencakup baik aktivitas mental maupun fisik. Tetapi yang jelas fitness atau latihan kebugaran adalah tujuan olah fisik yang dilakukan semata-mata untuk meningkatkan kesehatan seseorang.

Ketika seseorang masih muda dan energik, sangat disarankan agar rutin melakukan olahraga guna menjaga kesehatan, agar tetap sehat dan bugar di kemudian hari atau seiring bertambahnya usia. Rutinitas olahraga di usia muda saat dimana otot-otot dan tulang masih kuat akan berdampak sangat bagus dalam menjaga kesehatan kelak di hari tua.

Ada banyak jenis olahraga yang tidak memiliki banyak perbedaan dengan aktivitas fisik biasa, tetapi bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa contoh latihan tersebut adalah berenang, bersepeda, lari, dan olahraga seperti golf dan tenis.

Perbedaan antara Olahraga dan Aktivitas Fisik Biasa

Ada banyak perbedaan antara aktivitas fisik biasa dan olahraga. Sekilas kegiatan fisik biasa dan olahraga memang serupa karena memang keduanya membutuhkan serta melibatkan gerakan fisik tubuh, tetapi ada perbedaan keduanya yang mencolok.

• Kegiatan fisik baik untuk kesehatan, tetapi dalam prakteknya aktivitas fisik biasa tidak pernah dapat menggantikan olahraga yang memang dirancang untuk menjaga tubuh dalam kondisi yang baik dan juga untuk membuat menjaga badan tetap sehat dan bugar dalam waktu yang lama.

• Aktivitas fisik biasanya dilakukan dari intensitas rendah hingga sedang namun seringkali tidak dapat menyamai intensitas olahraga yang memang kuat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

• Kita tidak dapat mengatakan secara pasti berapa lama telah melakukan suatu kegiatan fisik biasa dengan intensitas yang sama, namun kegiatan olahraga seringkali sudah ditentukan waktunya secara tepat.

• Tidak ada aktivitas fisik yang dirancang untuk memberi manfaat bagi organ-organ tertentu tubuh kita secara khusus. Sementara itu, jenis-jenis olahraga seringkali ditujukan secara khusus untuk kesehatan organ-organ tertentu. Ada latihan yang berbeda untuk perut, kaki, lengan, kepala, dan sebagainya.

• Contoh kegiatan fisik adalah pekerjaan rumah tangga, berkebun, bergerak naik turun tangga, dan berjalan.

• Contoh olahraga adalah latihan kardio, angkat beban, lari, dll. Jika tidak suka latihan di gym, renang, bersepeda, lari, golf dan tenis juga termasuk bagian dari olahraga. Semuanya bagus untuk kesehatan tubuh secara umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here