Beranda Pengetahuan Inspirasi Bisnis: Peluang Usaha Kecil di Walayah Perkotaan

Inspirasi Bisnis: Peluang Usaha Kecil di Walayah Perkotaan

Peluang usaha kecil-kecilan
Peluang usaha kecil-kecilan (Sumber: Wikipedia)

Berbicara peluang usaha kecil sebenarnya ada di mana-mana. Terutama wilayah perkotaan. Populasi penduduk yang besar merupakan peluang pasar yang menjanjikan bagi usaha kecil. Karena, hal yang paling menentukan keberhasilan dalam sebuah usaha adalah pemasaran.

Wilayah perkotaan memiliki banyak keunggulan untuk mengembangkan usaha kecil. Namun demikian, keunggulan tersebut juga diimbangi dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi. Beberapa keunggulan wilayah perkotaan bagi perkembangan peluang usaha kecil adalah sebagai berikut.

  1. Populasi penduduk besar merupakan peluang pasar yang menjanjikan.
  2. Sarana dan prasarana sebagian besar bisa didapatkan dengan mudah.
  3. Sifat konsumtif masyarakat kota bisa membuka begitu banyak peluang usaha.
  4. Banyak even pameran dan expo yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi usaha kecil.

Selain peluang usaha, wilayah kota juga penuh dengan tantangan untuk perkembangan usaha kecil. Di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Banyak pesaing.
  2. Beberapa jenis bahan baku harganya cenderung mahal.
  3. Untuk usaha pertanian budidaya, dibatasi oleh areal lahan yang sempit dan tidak subur.

Namun demikian, tantangan bukanlah halangan untuk mengembangkan usaha kecil. Apalagi pemerintah pusat hingga daerah saat ini memberikan dukungan terhadap pengembangan usaha kecil. Usaha kecil ini merupakan salah satu sarana untuk mengentaskan kemiskinan melalui program pemberdayaan masyarakat.Peluang Usaha Kecil Sektor Kuliner – Makanan Ringan dan Minuman

Salah satu peluang usaha yang tidak akan pernah sepi peminat adalah usaha makanan dan minuman. Selama manusia masih membutuhkan dan suka makan minum, maka selama itu juga peluang usaha kecil sektor kuliner, makanan ringan dan minuman terbuka.

Banyak peluang usaha kecil terbuka di wilayah perkotaan. Peluang ini sepertinya memang banyak dilirik oleh para para pendatang dan masyarakat setempat untuk menyambung hidup. Untuk menjalankan usaha kecil di sektor ini, kita harus jeli melihat peluang di antara demikian banyaknya pesaing dan produk yang sudah beredar.

Berikut adalah beberapa contoh peluang usaha kecil menengah yang bisa kita kembangkan di sektor ini.

  • Usaha katering untuk pesta, perayaan, acara peringatan, acara-acara resmi di perkantoran dan sebagainya.
  • Home industry seperti aneka keripik, snack, dan aneka makanan ringan yang unik. Jenis usaha ini paling cepat berkembang di daerah perkotaan. Mengingat peluang pasarnya sangat luas dan bisa dipromosikan di berbagai acara.
  • Usaha warung makan. Keberadaan kampus, pusat perbelanjaan, dan perkantoran merupakan peluang yang bagus untuk mengembangkan usaha ini karena di lingkungan tersebut banyak konsumen yang sangat membutuhkan aneka makanan dan minuman yang Anda sediakan.
  • Usaha aneka minuman, seperti jus, es krim, es buah, es dawet, dan sebagainya.

Nah, Anda tertarik melirik peluang usaha kecil ini? Pilihlah usaha apa yang paling Anda minati dan kuasai. Peluang usaha ini selalu terbuka lebar untuk Anda.Peluang Usaha Kecil Sektor Pertanian

Bagaimana dengan sektor pertanian? Mungkin untuk peluang pasar sudah tidak diragukan lagi. Sektor pertanian setali tiga uang dengan sektor kuliner dan makanan ringan. Setiap saat manusia membutuhkan produk-produk pertanian untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Namun, bagaimana dengan sarana dan prasarananya? Apakah di wilayah perkotaan tersedia, terutama lahan? Memang, di sinilah tantangan usaha kecil di sektor ini. Akan tetapi, bukan berarti tidak bisa dikembangkan. Ketika Anda ingin bergerak di usaha kecil sektor pertanian Anda bisa menggunakan alternatif  berikut.

  1. Daerah pinggiran kota, biasanya masih memiliki banyak lahan yang bisa digarap. Anda bisa menyewa lahan atau kongsi dengan sistem bagi hasil dengan pemilik lahan.
  2. Jika alternatif di atas tidak mungkin Anda pilih karena tidak menemukan lahan, atau tidak memiliki dana yang memadai, Anda bisa memilih alternatif kedua ini. Anda cukup menyalurkan produk-produk pertanian dari petani ke konsumen. Anda bisa membeli produk pertanian dari petani, untuk diolah atau dijual langsung ke konsumen.
  3. Bisa juga dengan menjalankan usaha pertanian yang minim tempat, seperti jamur misalnya.

Peluang Usaha Kecil Sektor Perikanan

Peluang usaha sektor perikanan hampir sama kasusnya dengan sektor pertanian. Pada dasarnya peluang pasar melimpah setiap hari. Sarana lahan untuk menjalankan usaha yang terkadang sangat minim. Solusinya sama dengan sektor pertanian.

Bisa dengan mencari lahan yang memadai di pinggiran kota atau bekerja sama dengan orang-orang yang bergerak di sektor perikanan. Menjadi distributor ikan basah atau pun ikan olahan tetap memberikan peluang keuntungan yang besar.

Berikut adalah beberapa peluang usaha kecil sektor perikanan yang peluangnya cukup bagus di wilayah perkotaan.

  • Lele. Kehadiran warung tenda pecel lele di berbagai sudut kota, membuat jenis ikan satu ini sangat diminati. Permintaannya setiap hari cenderung meningkat. Oleh sebab itu, menangkar lele merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan.
  • Gurame, nila, patin, dan ikan tawar lainnya. Gurame, nila, dan patin juga merupakan jenis ikan tawar yang diminati. Hampir setiap rumah makan, warung tenda, dan rumah tangga menjadikan berbagai jenis ikan tawar sebagai menu favorit.
  • Ikan laut dan kerang.
  • Kuliner dan snack olahan dari ikan.

Peluang Usaha Kecil Sektor Jasa

Sektor jasa merupakan peluang usaha kecil yang tidak kalah pentingnya di wilayah perkotaan. Usaha ini banyak diminati karena peluang pasarnya luas dan tidak memerlukan pasokan bahan baku yang rutin. Berikut adalah beberapa ide usaha di sektor jasa yang banyak diminati di wilayah perkotaan.

  • Jasa rental komputer, pengetikan, dan foto kopi. Usaha jasa ini biasanya banyak ditemukan di lingkungan kampus, sekolah, dan perkantoran.
  • Jasa warnet.
  • Jasa laundry.
  • Jasa penitipan anak. Konsumennya biasanya adalah ibu-ibu bekerja dan memiliki anak yang masih bayi dan balita.

Peluang Usaha Kecil Sektor Kerajinan

Usaha ini contohnya usaha kerajinan tangan, souvenir, konveksi, bordir, dan sejenisnya. Biasanya banyak dijalankan dalam bentuk home industry. Walaupun terkesan kecil, namun hasilnya sangat menjanjikan jika dilakukan dengan serius. Mengapa? Karena usaha di bidang ini tidak membutuhkan modal uang dalam jumlah besar. Modal utama kita dalam menjalankan bisnis ini hanyalah ketekunan, keuletan, dan kreativitas.

Contoh sederhananya saja, usaha kerajinan tangan dari plastik atau barang bekas. Bahkan untuk bahan baku Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Cukup dengan mengumpulkan bahan-bahan bekas, atau membeli dengan harga yang murah sehingga keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar.

Berikut ada beberapa ide peluang usaha kecil di sektor ini.

  • Kerajinan tas, dompet, dan aksesori dari plastik bekas produk deterjen atau makanan ringan.
  • Kerajinan souvenir dari plastik, kaleng, atau kardus bekas.
  • Kerajinan taplak meja, celemek, dan sejenisnya dari kain perca.
  • Kerajinan bros jilbab dari stik es krim.

Tips Sukses Mengembangkan Peluang Usaha Kecil di Wilayah Perkotaan

Berikut adalah beberapa tips sukses mengembangkan peluang usaha kecil di wilayah perkotaan.

  1. Jeli mengamati perkembangan dan mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Anda. Dengan kata lain Anda harus rajin melakukan riset dan survei pasar.
  2. Jangan takut mencoba. Salah satu yang menghalangi langkah Anda untuk menjalankan sebuah usaha baru adalah takut gagal dan tidak berani mencoba. Semua ketakutan itu harus Anda lawan, agar langkah pertama untuk memulai usaha segera dijalankan.
  3. Mulai dari sekarang, jangan tunda nanti.
  4. Mulai dari apa yang Anda miliki, jangan tunggu apa yang belum dimiliki.
  5. Aktif melakukan promosi dan memperkenalkan usaha Anda.
  6. Jangan segan mengikuti berbagai pameran dan ekspo untuk memperkenalkan produk Anda.
  7. Jangan lupa untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Karena dua hal itulah yang menjadi nyawa usaha Anda.
  8. Evaluasi perjalanan usaha secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here