Patut Kita Contoh, Ini Dia 6 Kota Paling Bersih di Dunia

Lingkungan yang bersih adalah salah satu faktor penting yang menentukan kualitas kehidupan manusia di dalamnya. Negara-negara dengan kota paling bersih di dunia biasanya adalah negara dengan ekonomi maju dan sudah berkembang.

Selain untuk keindahan, kota-kota ini memiliki komitmen yang kuat dalam melindungi lingkungan dan juga meningkatkan kualitas hidup yang tinggi. Semoga kita sebagai warna negara Indonesia bisa mencontoh mereka yang telah menyandang predikat sebagai kota paling bersih di dunia.

1. Berne, Swiss

Bern (atau Berne) adalah ibu kota Swiss, yang dikenal oleh orang-orang Swiss sebagai Bundesstadt, atau kota federal. Alasan penunjukan ini adalah kota Bern merupakan kota pertama yang terlibat dalam pembentukan negara federal Swiss. Didirikan pada Abad Pertengahan, sekarang telah berdiri selama lebih dari 800 tahun. Kota Bern juga telah menyaksikan banyak pasang surut sejarah tetapi kota ini tetap konsisten mempertahankan keindahan kunonya sampai sekarang.

Tidak ada banyak gedung pencakar langit di Bern, yang menjadi sorotan kota ini adalah rumah-rumah berkubah dan jalan-jalan batu kecil yang ditutupi dengan pepohonan. Secara khusus, semua rumah di Bern dicat warna lumut biru dengan berbagai corak. Perlu dicatat bahwa ketika datang ke Bern, ada banyak beruang, dari alun-alun ke puncak jembatan Unterforbrucke. Dengan bahasa Jerman, Bern berarti beruang. Selain patung beruang, Anda juga dapat melihat gambar-gambar beruang muncul di lencana, bendera, dan suvenir di toko-toko jalanan.

2. Helsinki, Finlandia

Kota Helsinki menempati urutan kedua dalam daftar kota-kota terbersih di dunia dengan suasana santai dan gaya hidup mewah. Salah satu situs paling terkenal yang sering difoto di Helsinki adalah pasar Kauppatori dan taman hiburan Linnanmaki.

3. Wellington, Selandia Baru

Wellington, ibukota Selandia Baru, berada di dekat titik paling selatan Pulau Utara di Selat Cook. Kota bersih dan padat yang mencakup kawasan pejalan kaki di tepi laut, ada pantai berpasir, pelabuhan, dan rumah kayu berwarna-warni di perbukitan sekitarnya. Dari Lambton Quay, kereta gantung Wellington berwarna merah yang ikonik akan menuju ke Wellington Botanic Garden. Angin kencang melalui Selat Cook membuat orang sering menjulukinya dengan "Windy Wellington".

4. Kopenhagen, Denmark

Hampir 45% orang di sini menggunakan sepeda untuk bepergian, merupakan hasil dari kampanye pemerintah guna melindungi infrastruktur yang ada. Hal tersebut menjadikan Kopenhagen sebagai "kota sepeda terbaik di dunia". Pengunjung bisa berkeliaran di sekitar pantai sembari menikmati pemandangan kota yang bersih nan indah.

Berikutnya ada kontrol emisi karbon di udara. Pada 2012, Walikota Frank Jensen dan direktur teknis dan lingkungan Kota Ayfer Baykal mengusulkan rencana iklim CPH 2025 yang bertujuan membawa Kopenhagen ke kota netral yang memiliki kontrol emisi karbon di udara pertama di dunia. Tiga prioritas utama Kopenhagen adalah mempercepat transformasi struktur infrastruktur transportasi, meningkatkan utilitas publik, dan membangun kembali keheningan perkotaan, yang terkonsentrasi dalam pengerahan terutama di dua area utama di pusat kota yaitu Sankt Annæ Place dan Pantai Ophelia.

5. Minneapolis, A.S

Minneapolis adalah kota terbesar dan terbersih di negara bagian Minnesota. Minneapolis menyebar di kedua tepi Sungai Mississippi yang sangat luas, di bagian utara anak sungai menuju Sungai Minnesota, berdekatan dengan Saint Paul.

Perjalanan menuju ke Minneapolis, pengunjung juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat menarik seperti rantai air di Minneapolis, Institut Seni Minneapolis, Taman Minnehaha atau mengunjungi Museum Seni Frederick R Weisman yang sudah terkenal, Hoa dan ritme kehidupan aktif Kota dengan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan.

Dijuluki "Kota Air" oleh kepemimpinan Anthony Falls, nama tersebut diberikan oleh penjelajah Perancis Fr. Louis Hennepin pada tahun 1680. Air Terjun St. Anthony adalah sumber air terbesar di Sungai Mississippi. Air terjun ini juga telah dimanfaatkan untuk melayani produksi pabrik penggilingan pada tahun 1840.

6. Kobe, Jepang


Kota Kobe di Jepang adalah kota terbersih ketiga di dunia. Salah satu kota pertama yang membuka perdagangan dengan Dunia Barat pada tahun 1868, dan disebut sebagai kota pelabuhan internasional.

Kobe pernah dilanda gempa pada tahun 1995, di mana ada ratusan warga tewas dan terluka. Tak butuh waktu lama, kota ini kembali bangkit dan muncul sebagai salah satu kota teratas di dunia.

Jangan Lewatkan


Tulis Komentar Sembunyikan Komentar

Disqus Comments