Beranda Dunia Perbedaan Serta Sedikit Perbandingan Antara Korea dan China

Perbedaan Serta Sedikit Perbandingan Antara Korea dan China

Cewek Korea
Ilustrasi group band Fiestar dari Korea Selatan (Wikipedia)

Korea dan Cina adalah sama-sama negara yang berada di kawasan Asia. Dilihat sekilas, keduanya memang memiliki ciri fisik yang hampir sama. Banyak orang Indonesia yang tidak dapat membedakan antara orang Korea dan Cina karena penampilan mereka yang memang mirip. Namun terlepas dari kesamaan tersebut, ada banyak perbedaan antara orang Korea dan Cina yang akan disebutkan dalam artikel ini.

Orang korea

Korea adalah warga negara dari kedua Korea yaitu Korea Selatan dan Korea Utara. Secara keseluruhan, total populasi orang Korea, termasuk yang tinggal di negara-negara Asia lainnya seperti Jepang dan Cina, adalah sekitar 85 juta.

Orang Korea saat ini diyakini sebagai keturunan orang-orang yang berasal dari Semenanjung Korea kuno. Mereka adalah migran yang tiba di semenanjung dari Siberia dan Manchuria. Orang Korea berbicara bahasa Korea yang mengacu pada Hangul, sistem penulisan asli Korea. Sistem penulisan ini memiliki perkembangan sangat lambat pada abad ke-15. Hingga saat itu, orang Korea mulai memanfaatkan karakter-karakter Cina.

Orang Korea dikenal di seluruh dunia sebagai negara yang dinamis dan memiliki semangat tinggi. Mereka memiliki selera humor besar yang tercermin, tidak hanya di alamnya, tetapi juga di seni serta kekayaan budaya bangsanya.

Orang Cina

Chinese adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada orang-orang di negara Asia raksasa ini serta bahasa yang digunakan oleh orang-orang Cina. Cina adalah negara Asia Timur yang sangat besar dan padat dengan 22 provinsi.

Taiwan, sebuah negara merdeka yang juga disebut Republic of China, diklaim oleh Cina sebagai provinsi ke-23. Bukan hanya warga daratan Cina tetapi juga Hong Kong, Makau dan bahkan Taiwan yang diberi label Cina. Semua orang, yang memiliki etnis Cina Han, dilabeli Cina meskipun ada total 56 kelompok etnis yang terdiri dari populasi Cina. Namun, etnis Han Cina membentuk hampir 92% dari populasi yang ada.

Cina bukan hanya salah satu negara terbesar di dunia; tetapi juga merupakan negara dengan populasi terpadat karena ada lebih dari 1,3 miliar orang di sana. Orang-orang Cina dianggap sebagai pekerja keras dan sangat rajin. Mereka memiliki semangat kuat dan pantang menyerah dalam banyak hal. Semua itu bisa dibuktikan dari keberhasilan ekonomi mereka saat ini.

Perbedaan antara orang Korea dan Cina

• Orang China terdiri lebih dari 56 etnis, tetapi 92%-nya adalah etnis Han Cina.

• Orang Korea adalah keturunan migran yang tiba di semenanjung Korea dari Siberia dan Manchuria.

• Orang Korea berbicara bahasa Korea, sedangkan orang Cina berbicara bahasa mandarin dan dialek-dialek lain yang digunakan di Cina.

• Sistem penulisan bahasa Korea yang disebut Hangul muncul pada abad ke-15 dan sampai saat itu orang Korea kemudian memanfaatkan karakter Cina.

• Orang Korea memiliki tulang pipi lebih tinggi daripada orang Cina.

• Orang Cina memiliki wajah lebih rata dan mata lebih sipit dari orang Korea.

• Orang Korea memiliki mata sedikit lebih miring daripada orang Cina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here