Beranda Pengetahuan 4 Cara Mengusir Lalat Paling Ampuh, Cocok untuk Warung atau Rumah Makan

4 Cara Mengusir Lalat Paling Ampuh, Cocok untuk Warung atau Rumah Makan

Keberadaan lalat tak bisa dipungkiri sangat mengganggu dalam kehidupan manusia. Lalat seringkali membawa bibit penyakit yang ditularkan dari satu titik tempat ke tempat lainnya.

Terlebih di warung atau rumah-rumah makan, banyaknya lalat yang berseliweran juga bisa membuat orang merasa jijik untuk mengonsumsi makanan yang sudah dihinggapinya.

Saat hinggap di makanan, mereka akan mengeluarkan semacam cairan yang berisi bakteri atau membuat sarang untuk bertelur. Jika makanan yang sudah terinfeksi lalat ini dimakan oleh manusia, tidak jarang bisa langsung menyebabkan diare atau bahkan bibit penyakit yang berkembang secara bertahap di dalam perut.

Sebenarnya ada banyak cara efektif untuk membunuh lalat seperti dengan menyemprotkan bahan kimia, namun dalam jangka panjang, metode ini tidak terlalu sehat, terutama untuk keluarga dengan anak-anak. Cara paling sederhana dan paling aman adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah dan bau-bauan yang paling dibenci lalat sehingga mereka enggan untuk mendekat.

Tidak akan ada lalat yang berani jika kita menerapkan salah satu dari empat cara sederhana namun sangat ampuh ini untuk menjauhkan lalat rumah atau tempat-tempat yang Anda inginkan.

Buat lilin dari minyak daun serai

Selain bikin harum ruangan, aroma wangi serai ternyata juga sangat dibenci oleh lalat. Faktanya, baik lalat maupun nyamuk dan banyak serangga lainnya takut akan aroma serai (bahan-bahan dengan kandungan Citral dan Geraniol – bahan utama yang dimanfaatkan untuk menghasilkan insektisida).

Cara membuatnya cukup sederhana, lelehkan lilin yang sudah ada kemudian campur dengan sedikit cairan citronella (hati-hati dan jauhkan dari jangkauan anak-anak karena larutan lilin panas dapat melukai kulit). Buat cetakan baru dengan campuran minyak serai tadi lalu tunggu lilin sampai mengeras kembali.

Lilin yang sudah jadi, dapat langsung dinyalakan untuk digunakan. Bisa Anda tempatkan di stoples kaca atau vas dekoratif untuk mengharumkan rumah. Bisa untuk mengusir nyamuk dan lalat sekaligus.

Selain minyak serai, bisa juga menggunakan peppermint, lavender, minyak kayu putih juga sangat efektif.

Campuran air sabun, bubuk cabai

Lalat mudah tertarik pada larutan rasa buah, sehingga kita bisa membuat campuran air sabun (sabun dicampur dengan air dalam perbandingan 1: 1), kemudian menambahkan rasa buah seperti lemon atau apel, tambahkan cuka sari apel sebagai jebakan untuk membunuh lalat.

Setelah selesai, tuangkan larutan ke dalam botol semprot, tambahkan sedikit bubuk cabai pedas dan semprotkan di tempat-tempat di mana banyak lalat bertebangan seperti pintu, sudut dan celah di rumah, lalat akan tertarik dan mati dengan minum cairan jebakan tadi.

Gunakan pisang matang, cuka sari apel

Siapkan 1-2 mangkuk, bungkus plastik dan pisang matang yang harum untuk menarik lalat.

Pertama, kupas pisang dan potong menjadi potongan-potongan kecil, lalu taruh dalam mangkuk dan mulut mangkuk dengan plastik sampai rapat. Selanjutnya, gunakan tusuk gigi atau paku kecil untuk melubangi permukaan bungkus sehingga bau pisang yang matang dapat keluar dan menarik lalat. Lalat akan memasuki mangkuk dan tidak bisa melarikan diri.

Pisang matang juga bisa diganti dengan cuka sari apel dicampur beberapa tetes cairan pencuci piring, cara ini juga terbilang sangat efektif dan ampuh..

Gunakan lemon segar

Selain umum digunakan sebagai bahan campuran pembersih, lemon ternyata juga sangat efektif untuk menjauhkan lalat secara alami.

Caranya mudah, potong lemon menjadi dua bagian, letakkan dalam microwave (jangan dinyalakan) dan biarkan pintu oven terbuka semalaman. Pagi berikutnya, tutup pintu dan nyalakan microwave selama beberapa menit.

Ketika membuka pintu oven, akan tercium aroma lemon aromatik menyebar ke seluruh dapur atau ruangan, lalat buah takut akan bau ini dan tidak akan berani “berlama-lama” mendekat.

Selain metode pengusiran lalat di atas, untuk mencegah lalat agar benar-benar tidak masuk rumah Anda. Ingatlah beberapa pedoman di bawah ini:

  • Bersihkan rumah, jaga kebersihan rumah. Tutupi semua tempat sampah dan kompos dengan tutup yang semestinya. Perlu juga untuk mengosongkannya secara teratur sehingga lalat tidak memiliki tempat persembunyian.
  • Buang sisa buah dan sayuran dari dalam rumah atau tempat yang Anda kehendaki, jangan menyimpannya lama di rumah karena justru dapat memancing lalat mendekat.
  • Taruh tanaman indoor di sudut-sudut yang dikehendaki untuk membantu menangkal lalat seperti kemangi, mint, rosemary, dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here