Beranda Kesehatan Herbal Jus Hijau Ini Manjur Sembuhkan Asam Urat, Ada Bukti Ilmiahnya

Jus Hijau Ini Manjur Sembuhkan Asam Urat, Ada Bukti Ilmiahnya

Jus asam urat
Jus asam urat

Terbentuknya kristal asam urat di sendi adalah hasil dari pilihan gaya hidup yang buruk. Jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat memicu kondisi lebih menyakitkan yang disebut encok.

Penyebab utamanya adalah karena kelebihan asam urat, sebagai akibat dari pembuangan limbah yang tidak efisien atau produksi yang berlebihan.

Asam urat terbentuk selama proses pemecahan purin. Purin adalah bahan kimia, yang ditemukan dalam banyak makanan dan muncul secara alami di dalam tubuh kita. Ketika ginjal tidak dapat membuang asam urat berlebih tersebut, formasi kristal akan disimpan dan terbentuk di sekitar sendi.

Obat Alami untuk Mengatasi Nyeri Sendi dan Asam Urat

Tahukah Anda bahwa jus mentimun sebenarnya juga dapat membantu menghilangkan kristalisasi asam urat pada persendian dan juga encok. Efek sesaat dari mengonsumsi ramuan ini biasanya akan timbul rasa sakit sejenak, yang merupakan tanda dari bekerjanya proses penyembuhan.

Bahan lain Jahe dan seledri berfungsi dalam membantu mengurangi peradangan selama proses pembersihan.

Resep Obat Encok Asam Urat dan Nyeri Sendi

Bahan-bahan:

2 iga seledri organik (secukupnya)
1 mentimun organik, berukuran sedang
1 buah lemon dibelah dua
1 inci jahe muda

Cara Membuatnya

  • Bersihkan bahan-bahan sampai bersih merata.
  • Potong mentimun menjadi potongan-potongan kecil.
  • Siapkan iga seledri.
  • Potong lemon menjadi dua bagian.
  • Parut akar jahenya.
  • Campurkan semua bahan dalam blender.
  • Pastikan sudah lembat dan menjadi jus.
  • Ramuan bisa langsung diminum.

Manfaat Kesehatan (Bukti Ilmiah)

Seledri

Seledri mengandung polisakarida dan antioksidan, yang dapat berperan sebagai anti-inflamasi, terutama antioksidan polifenol dan flavonoid. Manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, dengan memerangi kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan.

Para peneliti mengidentifikasi setidaknya ada lebih dari selusin jenis antioksidan yang terkandung dalam seledri. Termasuk diantaranya adalah asam fenolik, seperti asam caffeic, asam ferulic dan flavanol. Kandungan inilah yang membuat seledri berguna untuk mengobati berbagai kondisi seperti nyeri sendi akibat radang sendi, ginjal, asam urat, gangguan kulit, infeksi hati dan infeksi saluran kemih serta sindrom iritasi usus.

Timun

Mentimun mengandung 95% air, yang membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan juga membantu menghilangkan racun. Timun mengandung sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Selain itu, mentimun adalah sumber silika sangat baik, yang dikenal dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat. Juga kaya akan vitamin A, B6, B1, C & D, kalsium, folat, kalium dan magnesium.

Mentimun atau jusnya, Bersifat alkali dan efektif untuk menurunkan atau menghilangkan kristalisasi asam urat pada persendian, seperti halnya encok.

Jahe

Penelitian menunjukkan bahwa jahe terbukti bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Miami, menemukan bahwa ekstrak jahe bisa menjadi pengganti alami obat antiinflamasi nonsteroid atau NSAID. Penelitian menunjukkan bahwa jahe mempengaruhi proses peradangan tertentu pada tingkat sel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here