Antara Katana dan Samurai, Ini Dia Perbedaan Keduanya

Pedang Katana
Pedang Katana

Katana adalah kata yang selalu digunakan sehubungan dengan Samurai, kelas prajurit khusus Jepang yang pernah ada di Jepang sekitar abad pertengahan.

Katana adalah nama pedang yang digunakan oleh para samurai. Namun sering juga kita dengar bahwa pedang katana juga disebut sebagai pedang samurai oleh beberapa orang sehingga kesannya membingungkan bagi mereka yang belum memahami antara keduanya.

Melalui artikel ini, penulis akan mengajak pembaca sekalian untuk lebih memahami perbedaan antara Katana dan Samurai sehingga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan serta pengetahuan kita.

Katana

Katana adalah salah satu dari beberapa pedang yang digunakan oleh para samurai di Jepang abad pertengahan. Namun, nama itu juga dikaitkan dengan kelas prajurit karena dianggap sebagai pedang paling penting yang digunakan oleh para samurai. Bahkan, samurai memakai pedang ini sebagai cara untuk menunjukkan posisinya di masyarakat feodal.

Pedang-pedang ini sangat tipis dan memiliki tepi yang sangat tajam menjadikannya senjata sangat mematikan milik para samurai. Pedang Katana sangat fleksibel serta kuat dan bahannya terbuat dari campuran baja dan besi.

Pedang Katana memiliki ketajaman yang sangat luar biasa sehingga jika digunakan dalam pertarungan dapat memotong tubuh lawan menjadi dua bagian. Bentuk Katana selalu dibuat panjang dan melengkung serta memiliki pegangan yang panjang.

Samurai

Nama samurai senantiasa membangkitkan perasaan hormat dan kagum di kalangan orang-orang Jepang. Samurai adalah nama yang diberikan kepada kelas prajurit di Jepang pra-industri, namun pada perkembangan selanjutnya samurai yang sama kemudian naik menjadi kelas militer yang berkuasa.

Pada Periode Edo Jepang, samurai dianggap sangat terhormat. Mereka menggunakan banyak senjata yang berbeda, tetapi senjata utamanya tetap pada pedang. Pedang samurai terpenting yang banyak digunakan adalah katana yang selalu mereka bawa di dalam sarungnya dan diselipkan ke tubuh dengan bantuan ikat pinggang.

Katana vs Samurai

• Samurai adalah kelas prajurit di Jepang feodal dan pra-industri, sedangkan Katana adalah nama senjata paling penting yang banyak digunakan oleh para samurai.

• Lantaran pedang katana sering digunakan oleh para samurai, oleh masyarakat umum pedang ini juga dikenal sebagai pedang samurai.

• Nama pedang samurai sering membingungkan banyak orang, kebanyakan gagal membedakan antara katana dan samurai.

• Katana menjadi jiwa utama seorang samurai, dan diturunkan ke generasi muda berikutnya sebagai pusaka keluarga.

Leave a Comment