Beranda Pengetahuan Pengertian Domain dan Hosting Serta Perbedaan Keduanya

Pengertian Domain dan Hosting Serta Perbedaan Keduanya

Pengertian Web hosting
Pengertian Web hosting

Perbedaan utama antara Domain dan Hosting adalah, dalam hal ini domain merupakan alamat unik dari lokasi internet yang membantu memudahkan orang untuk mengunjungi (membuka) konten website tertentu yang mereka kehendaki. Sedangkan hosting adalah ruang fisik di mana konten halaman website disimpan dan diterbitkan bisa diakses melalui jaringan internet di seluruh dunia.

Domain dan hosting website terkadang cukup membingungkan, terutama bagi mereka yang masih pemula. Jadi, penting untuk mengetahui perbedaan antara kedua istilah ini sebelum seseorang terjun ke dunia online yang sesungguhnya. Jika diibaratkan, domain ini mirip dengan alamat rumah tempat tinggal kita sedangkan web hosting adalah ruang (isi perabotan) yang tersedia di dalam rumah.

Apa yang Dimaksud dengan Domain, Jelaskan?

Ketika seseorang mendaftarkan nama domain (seperti kita nyewa apartemen atau kos-kosan) yang ia kehendaki, maka orang tersebut berhak atas kepemilikan situs website yang akan ia buat di domain tersebut.

Pun demikian, meski kita telah memiliki nama domain sendiri bukan berarti sudah bisa langsung online dan dilihat seluruh dunia. Kita masih akan memerlukan server web yang dinamakan hosting untuk membuatnya online dan dapat diakses melalui browser pengguna di seluruh dunia.

Nama domain dapat dibeli dari penyedia domain atau registrar, dengan ekstensi khusus (com, net, org, id, dll) yang dinamakan URL misalnya www.abc.com. Harga domain bisa bervariasi tergantung pada ekstensi yang akan digunakan. Agar situs web dapat ditampilkan di internet, file website (html, php, javascript, dll) harus diunggah ke server web.

Penyedia server website ini adalah perusahaan hosting. Sistem pembayaran hosting biasanya adalah bulanan atau tahunan, harganya pun bervariasi, tergantung pada spesifikasi server hosting dan bandwidth yang dibutuhkan. Hampir semua perusahaan hosting saat ini telah menyediakan hosting dan pendaftaran nama domain sekaligus untuk memudahkan bagi para konsumen atau pembeli..

Setelah nama domain dibeli dan membayar sejumlah uang sesuai harga yang disepakati, detail login akan langsung diberikan untuk mengakses akun panel hosting. Jika domain dibeli dari tempat lain dengan hosting yang digunakan, maka DNS (Domain Name Server) harus dimodifikasi atau diarahkan dengan registrar domain. Hal-hal semacam ini dapat ditanyakan secara langsung ke penyedia layanan domain dan hosting yang digunakan, biasanya mereka akan sangat cepat tanggap dengan masalah-masalah yang dialami oleh para konsumennya.

Apa yang Dimaksud dengan hosting, Tolong Jelaskan?

Web hosting berkaitan dengan server website yang menyimpan file data dengan kapasitas yang sudah ditentukan saat kita membeli. Penyedia hosting web menyewakan server webnya. Server web ini digunakan untuk membuat koneksi jaringan dan menghubungkannya ke jaringan internet di seluruh dunia.

Web hosting bisa dikatakan adalah sebuah layanan yang memfasilitasi individu atau organisasi untuk mengonlinekan halaman webnya ke internet. Web hosting ini menggunakan komputer seperti yang biasa kita gunakan namun telah dirancang secara khusus sebagai server untuk melayani keperluan hosting.

Jika ingin mengunjungi alamat rumah online kita, pengguna harus mengetikkan alamat domain di aplikasi browsernya. Halaman website akan terbuka dengan tampilan seperti yang sudah ditentukan. Contohnya ya seperti saat kalian membuka Androphedia.com ini.

Perbedaan antara Domain dan Hosting

Definisi Domain dan Hosting

  • Domain: Domain adalah identitas atau alamat untuk lokasi internet untuk membuka suatu halaman website.
  • Hosting: Hosting adalah tempat untuk menyimpan file website agar terhubung ke internet dan bisa diakses oleh pengunjung dari seluruh dunia. Hosting ini memiliki konektivitas internet berkecepatan tinggi yang ON terus menerus 24 jam penuh.

Karakteristik Domain dan Hosting

  • Domain: Nama domain memudahkan pengunjung untuk mengakses situs web tanpa harus mengingat alamat IP numerik yang susah diingat.
  • Hosting: Hosting adalah server komputer tetap tempat menyimpan file data situs web agar bisa diakses melalui jaringan internet.
  • Domain: Domain adalah unik dan tidak akan sama dengan domain lain di internet.
  • Hosting: Hosting adalah server website yang dikelola oleh perusahaan hosting.

Pemeliharaan, peningkatan, dan konfigurasi

  • Domain: Pembelian domain sistemnya adalah tahunan, sehingga tidak cepat kedaluwarsa.
  • Hosting: Pemeliharaan hosting dilakukan oleh perusahaan, sehingga konsumen situs web tidak perlu melakukan pemeliharaan, peningkatan, dan konfigurasi.
  • Domain: Domain membantu memudahkan pengunjung mengakses konten web dengan cukup mengetikkan nama domainnya di browser.
  • Hosting: Hosting untuk menyimpan konten seperti file situs web di server web. Hosting menyediakan ruang penyimpanan (harddisk) untuk kliennya. Konten situs web akan terus disimpan di server web selama masih berlangganan. Dalam beberapa kasus juga bisa dihapus sepihak oleh pemilik hosting jika pelanggan terbukti melakukan pelanggaran yang berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here