Beranda Penyakit Penjelasan Istilah HIV dan AIDS, Serta Perbedaan Keduanya

Penjelasan Istilah HIV dan AIDS, Serta Perbedaan Keduanya

Penderita HIV AIDS
Ilustrasi penderita HIV AIDS

HIV dan AIDS adalah dua istilah medis yang sebenarnya saling terkait satu sama lain. AIDS adalah singkatan dari istilah penyakit yang disebut Acquired Immune Deficiency Syndrome, disebabkan oleh Virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus HIV menghancurkan sel-sel dalam tubuh manusia yang bertugas memerangi infeksi. Efeknya jelas, tubuh tidak dapat lagi menahan infeksi. Penyakit ini kemudian dikenal sebagai HIV AIDS.

HIV dan AIDS tidak dapat dianggap sebagai penyakit sembarangan. Penyakit ini memiliki potensi untuk merusak kekuatan hidup manusia. HIV adalah nama virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehat serta merusak sel T atau lymphocytus T.

Virus HIV, tidak seperti virus lainnya, ia tetap berada dalam tubuh manusia inangnya dalam waktu yang lama dan membuat sistem kekebalan tubuhnya melemah sehingga tidak bisa melawan infeksi umum yang dikenal sebagai Opportunistic infections (OI).

Begitu seseorang tertular HIV, ia akan menjadi HIV+, dan tetap demikian sepanjang hidupnya. Hal ini adalah tahap ketika jumlah CD4, atau sel darah putih, turun di bawah 200 dan orang tersebut mengalami satu atau lebih infeksi umum yang diakibatkan karena sistem kekebalan tubuh tidak mampu lagi menangkalnya. Pada tahap ini, orang tersebut dinamakan sebagai positif penderita AIDS.

Apa yang Dimaksud dengan HIV?

Dalam istilah medis, HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Disebut demikian karena virus ini hanya menyerang manusia dengan melemahkan secara perlahan-lahan sistem kekebalan tubuh penderitanya sampai orang tersebut tidak mampu lagi bertahan hidup.

Tubuh yang sehat memiliki sistem alami untuk melawan penyakit melalui sel darah putih, yang ditandai dengan jumlah CD4. Hitungan ini adalah 600-1200 pada orang sehat. Tetapi HIV menghancurkan sistem kekebalan alami ini dan ketika jumlah CD4 turun di bawah 200, orang tersebut tidak akan mampu lagi melawan penyakit bahkan penyakit flu biasa menyebabkan kematian.

Jika seseorang didiagnosa mengalami positif HIV, hal itu tidak selalu berarti bahwa dia juga telah menderita AIDS. Telah diamati bahwa perlu bertahun-tahun bagi HIV untuk berkembang menjadi AIDS. Dengan pengobatan yang benar, HIV sejatinya dapat dikendalikan. Orang dengan HIV+ bisa memiliki harapan hidup sehat selama bertahun-tahun jika dirawat secara teratur.

Gejala Umum HIV

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri otot dan sendi
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Ruam kulit

Penyebab HIV

HIV adalah virus yang ditularkan, dan oleh karena itu seseorang hanya akan terinfeksi HIV jika pernah kontak darah, air mani, atau cairan vagina pada orang lain yang terinfeksi. Virus ini diketahui tidak menyebar melalui kontak biasa seperti misalnya berciuman. Seks tanpa kondom, berbagi jarum yang terinfeksi dan ibu yang terinfeksi menularkan virus kepada bayi selama kehamilan adalah alasan utama penyebaran HIV.

Pengobatan HIV

Setelah didiagnosis HIV, penderita harus diobati dengan kombinasi obat yang dikenal sebagai terapi antiretroviral atau ART yang dikenal sangat aktif.

Apa yang Dimaksud dengan AIDS?

Seperti dijelaskan sebelumnya, stadium lanjut HIV disebut sebagai AIDS. AIDS disebut sindrom karena seseorang yang menderita penyakit bisa juga memiliki berbagai macam penyakit dan banyak infeksi lain yang tidak terkait.

AIDS adalah penyakit yang berkembang dalam tubuh seseorang selama periode waktu tertentu karena sistem kekebalan yang semakin melemah. Ketika seseorang menjadi sangat lemah karena sistem kekebalan tubuhnya rusak, ia akan mengalami banyak infeksi ringan yang sulit disembuhkan seperti misalnya demam, flu batuk dan lain sebagainya.

Dalam istilah awam, AIDS adalah stadium lanjut dari HIV. Infeksi oportunistik yang dapat menimpa seseorang HIV+ adalah kehilangan ingatan, PCP atau Pneumonia, KS atau Kaposi Sarcoma, wasting syndrome atau penurunan berat badan, dan termasuk Tuberculosis. AIDS membutuhkan waktu untuk berkembang dan seseorang yang sudah HIV+ dapat tetap sehat selama 2-10 tahun sebelum akhirnya menjadi AIDS yang sudah parah.

Perbedaan antara AIDS dan HIV

  • Dalam istilah medis, HIV disebut sebagai Human Immunodeficiency Virus, adalah penyebab utama timbulnya AIDS.
  • Dalam istilah awam, AIDS adalah stadium lanjut dari HIV+.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here