Cinta atau Sekedar Hanya Suka, Ini Dia Perbedaannya

Pasangan kekasih
Pasangan kekasih yang saling mencintai

Suka dan cinta adalah dua emosi atau perasaan yang umum dialami oleh manusia. Dengan sedikit kejelian memahami rasa, kita dapat membedakan apakah perasaan yang dialami merupakan cinta sejati atau hanya rasa suka biasa.

Contoh seorang pria dapat menyukai banyak wanita, tapi yang benar-benar ia cintai pasti hanya satu diantaranya. Ada perbedaan intensitas atau kekuatan perasaan yang lebih tinggi antara orang yang kita sukai dengan orang yang kita cintai, namun seringkali keduanya sulit ditakar lantaran ranahnya sudah ke masalah emosi bawah sadar.

Mudahnya sih, seseorang tidak perlu mencintai orang yang ia sukai namun ia jelas menyukai orang yang sangat dicintai. Untuk memahami perbedaan keduanya secara gamblang, teruskan membaca artikel sampai tuntas di bawah ini.

Definisi Suka, Apa yang Dimaksud Suka?

Seseorang dapat menyukai banyak hal atau orang dalam hidupnya. Misalnya, seseorang bisa saja menyukai menari, skating, berenang, atau seorang teman yang saling menyukai sesama temannya. Manusia cenderung menyukai seseorang lainnya berdasarkan kualitasnya seperti atribut fisik atau karena rasa hormat dan kasih sayang.

Ketika kamu secara fisik tertarik pada seseorang, maka hal itu jelas berarti kamu memang menyukainya. Kamu merasa bahagia ketika berada di lingkungan orang-orang yang kamu sukai.

Definisi Cinta, Apa yang Dimaksud dengan Cinta?

Cinta adalah karunia Tuhan yang sifatnya lebih ke spiritualisme, perasaan atau emosi khusus yang dirasakan seseorang terhadap lawan jenis. Dalam definisi ini kita berbicara tentang cinta orang dewasa ya, bukan perasaan cinta antara ibu dan anak-anaknya atau antara kakek nenek dan cucunya.

Cinta adalah emosi kuat dan penuh gairah yang dirasakan pria dan wanita terhadap satu sama lain. Cinta adalah perasaan yang tak terlukiskan dengan kata-kata sederhana. Jika kamu mencintai seseorang, jantung tiba-tiba bisa berdetak kencang saat berada di hadapannya. Kamu juga bisa merasa malu tanpa alasan jelas ketika ada dia, padahal sebelumnya perasaan biasa-biasa saja.

Cinta adalah sesuatu hal yang paling dibutuhkan seseorang dalam hidupnya. Tanpa cinta, kehidupan seseorang akan akan hampa dan tidak terarah. Cinta dapat menciptakan rasa kasih sayang satu sama lain, bahkan tanpa pamrih.

Perbedaan Antara Suka dan Cinta

Definisi Cinta dan Suka:

Cinta: Cinta adalah perasaan atau emosi khusus yang dirasakan seseorang terhadap lawan jenis.

Suka: Suka adalah masalah preferensi.

Karakteristik Cinta dan Suka:

Obyektif:

Cinta: Seseorang hanya bisa benar-benar mencintai satu orang dari beberapa lawan jenisnya.

Suka: Seseorang dapat menyukai banyak orang dan benda yang berbeda.

Sifat Dasar:

Cinta: Cinta itu tanpa syarat.

Suka: Menyukai tergantung pada banyak faktor dan biasanya ada syarat-syarat khusus.

Perasaan:

Cinta: Cinta berkonotasi dengan perasaan yang jauh lebih kuat dan bersemangat.

Suka: Suka lebih berkonotasi dengan perasaan menyenangkan.

Kehidupan:

Cinta: Orang yang kamu cintai akan menjadi pusat perhatian dalam hidupmu, kamu akan merasa sulit atau tidak dapat membayangkan hidup tanpa dia.

Suka: Menyukai seseorang tidak perlu sampai menyatakan bahwa ia juga harus menjadi tempat bersanding utama dalam kehidupan.

Leave a Comment