Beranda Pengetahuan Setangki Penuh Bensin Tidak Akan Meledak Karena Api Korek, Ini Alasannya

Setangki Penuh Bensin Tidak Akan Meledak Karena Api Korek, Ini Alasannya

Kalian pasti pernah melihat dalam sebuah adegan film, seseorang melemparkan korek api yang menyala ke dalam tangki bensin/diesel kendaraan, kemudian seketika ledakan sangat besar langsung terjadi. Mungkinkah hanya dengan menjatuhkan korek api kecil mampu meledakkan seketika seluruh tangki?.
             

Segitiga komponen api

 
Faktanya adalah, kemungkinan terjadinya ledakan akan berkurang ketika tangki diisi penuh dengan bahan bakar dan sebaliknya peluang untuk terjadinya ledakan akan lebih besar jika bahan bakar yang ada di dalam tangki kurang (ada ruang hampa udara). Singkatnya, peluang tangki untuk meledak tergantung pada jumlah bahan bakar (bahan mudah terbakar) yang ada dan ukuran tangki itu sendiri.
     
Sebuah ledakan terjadi sebagai akibat dari fenomena Ignition (api kecil). Api adalah Reaksi Kimia. Ada tiga hal yang diperlukan untuk terjadinya kebakaran secara sempurna. Yaitu oksigen, panas, dan bahan bakar. Bahan bakar haruslah dalam bentuk gas agar mudah terbakar.

Gambar di atas disebut segitiga api. Proporsi udara yang ada di dalam tangki juga sangat penting. Campuran udara-bahan bakar saja tidak akan selalu mudah menyala. Udara dan bahan bakar harus dalam proporsi tertentu agar campuran dapat dinyalakan dengan mudah. Grafik di bawah ini menunjukkan kisaran rasio udara-bahan bakar yang bisa dinyalakan menurut rumus kimiawi.

Grafik kemungkinan terjadinya ledakan kebakaran

Seperti yang kalian lihat dari grafik di atas. Tidak akan ada kebakaran dalam dua kasus jika:

1. Bahan bakar lebih banyak dan volume udara sangat sedikit
2. Udara lebih dan kuantitas bahan bakar sangat kurang

Ketika bahan bakar di dalam tangki lebih banyak, ruang kosong di dalamnya akan sangat sedikit, sehingga hanya sejumlah kecil uap bahan bakar saja yang ada di dalamnya. Jadi, bahkan jika kamu menjatuhkan korek api yang menyala ke dalam tangki, tetap tidak akan ada udara yang cukup untuk menjadikan bahan bakar meledak. Lapisan atas bahan bakar bisa terbakar tetapi pasti tidak akan sampai meledak. Itulah sebabnya kemungkinan ledakan lebih kecil jika tangki penuh bahan bakar.
               
Jika tangki setengah diisi dengan bahan bakar, maka akan ada banyak ruang kosong di dalam tangki dan akan terisi dengan uap bahan bakar. Jika seseorang melemparkan api kecil di dalam tangki, tangki dalam kondisi ini pasti tangki akan langsung meledak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here