Pemandangan Nyata di Planet Mars, Ini Foto dan Video dari NASA

Planet mars
Pemandangan nyata di Planet Mars

Pesawat Penjelajah Curiosity yang telah menyusuri planet Mars beberapa waktu berhasil mengabadikan gambar-gambar panorama paling detail dan jelas yang pernah diambil dari permukaan Planet Merah tersebut.

Gambar-gambar ini dibuat dari lebih 1.000 gambar, yang berisikan 1,8 miliar piksel lanskap Mars, dengan resolusi tinggi super keren hingga 2,43 GB Pixel.

“Ini adalah pertama kalinya selama misi kami mendedikasikan operasi tersebut untuk memperoleh panorama stereo 360 derajat,” kata Curiosity Project Scientist Ashwin Vasavada.

Pesawat penjelajah tanpa awak tersebut telah berada di Gale Crater di Mars sejak Agustus 2012.

NASA dan JPL bahkan juga telah mengaplikasikan fitur khusus yang mana kita dapat memperbesar sekaligus memperkecil foto, plus video pemandangan agar nampak jelas.

Panorama tersebut diambil antara 24 November hingga 1 Desember 2019 – selama seminggu musim liburan Thanksgiving di AS. NASA mengatakan pesawat penjelajah tersebut “diletakkan sedemikian rupa tanpa bergerak untuk menjalankan beberapa tugas yang harus dilakukan sambil menunggu tim untuk kembali dan memberikan perintah berikutnya. Gambar lingkungan sekitarnya pun diambil dari tempat yang sama selama beberapa hari berturut-turut. “

“Saat banyak di tim kami berada di rumah menikmati hidangan kalkun, Curiosity justru telah berhasil mengabadikan gambar-gambar luar biasa di planet mars,” kata Vasavada.

Gambar tersebut menampilkan panorama Glen Torridon, sebuah wilayah di sisi Gunung Sharp yang tengah dijelajahi oleh Curiosity. Penjelajah membutuhkan waktu lebih dari 6 1/2 jam paparan panas selama empat hari dengan perangkat Mast Camera penjelajah, atau Mastcam, menggunakan lensa telefoto untuk menghasilkan panorama yang luar biasa tersebut.

Operator Mastcam sebelumnya telah memprogram daftar tugas yang rumit, termasuk memasukkan rover mast dan memastikan gambar dalam fokus. Foto diambil antara siang dan jam 2 malam waktu Mars lokal untuk memastikan pencahayaan yang konsisten.

Mastcam juga menggunakan lensa sudut-menengah untuk menghasilkan panorama dengan resolusi lebih rendah, hampir 650 juta piksel yang mencakup dek rover (penjelajah) dan lengan robot.

Selama minggu-minggu berikutnya, gambar-gambar itu pun dengan susah payah dipilih dan disatukan bersama oleh tim pencitraan rover; mereka memadukan tepi setiap foto untuk membuat tampilan yang mulus.

“Yang saya sukai dari panorama ini adalah kita dapat memperbesar jalan dan melihat detail objek yang ada di kejauhan,” kata Vasavada dalam video. “Kamu bisa melihat tepi kawah yang ada di dalam, sampai ke utara.”

Dia menambahkan, “Ini pemandangan yang mengesankan: 20 mil jauhnya adalah kawah Slangpos, tepat di dalam tepi kawah Gale. Dari ujung ke ujung, lebar Slangpos adalah tiga mil! Pasti ada sesuatu yang besar pernah terjadi di sini. Saya merasakan kesan yang aneh melihat pemandangan sebuah planet yang benar-benar berbeda (dari bumi). “

Foto beresolusi tertinggi berikutnya yang pernah diambil oleh Curiosity adalah pada tahun 2013. Gambar panorama yang diambil menggunakan resolusi kamera 1,3 miliar piksel.

Penasaran seperti apa pemandangan daratan di planet Mars sesungguhnya, ini dia videonya. Atur resolusi video ke HD untuk melihat panorama yang jelas detail.

Video pemandangan asli di planet Mars

Referensi: Mars.nasa.gov

Leave a Comment