Beranda Kesehatan Herbal Sering Diabaikan, Daun Sendok Ternyata Miliki Khasiat Menakjubkan Ini

Sering Diabaikan, Daun Sendok Ternyata Miliki Khasiat Menakjubkan Ini

Daun sendok
Daun sendok (Plantago major)

Tanaman ini sering dianggap sebagai gulma sehingga banyak yang mengabaikannya atau bahkan membasminya. Faktanya, daun sendok sbenarnya adalah salah satu dari gulma yang memiliki manfaat obat terbaik. Dikenal dengan nama ilmiah plantago major, daun sendok banyak tumbuh liar di semak belukar dan ladang-ladang kosong.

Daun sendok memiliki tekstur daun hijau lebar dengan kuncup yang terlihat seperti tangkai. Berikut ini fakta khasiat dari daun sendok yang tidak boleh diremehkan:

1. Astringent: Mengunyah daun sendok dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat, terutama yang berasal dari gigitan serangga.

2. Anti-infeksi dan Racun: Hapus racun dari kulit atau hentikan infeksi dengan menggiling dan menghancurkan daun sendok lalu menggunakannya sebagai bubuh luka. Selain itu juga efektif dalam mencegah munculnya jaringan parut.

3. Anti-Peradangan: Daun sendok dan bijinya dapat membantu mengurangi peradangan, yang merupakan respon sistem kekebalan tubuh. Bagian-bagian dari gulma ini juga berguna untuk memperbaiki kerusakan lapisan usus.

3. Vitamin dan Mineral: Daun sendok mengandung vitamin dan mineral, termasuk zat besi. Makan daun ini dianjurkan saat masih muda dan lembut karena rasanya yang paling enak. Bisa juga makan daun yang sudah tua dan besar, tetapi rasanya pahit.

4. Anti-Nyamuk: Susah lama daun sendok dimanfaatlan sebagai obat oleh nenek moyang kita dalam menghindari gigitan nyamuk. Daunnya juga efektif melawan sengatan lebah, serta iritasi kulit lainnya, seperti ruam, jerawat, dan goresan kecil. Untuk hasil terbaik, balut area dengan daun dan biarkan menempel di kulit setidaknya selama empat jam.

Selain menghancurkan, menggiling, dan mengunyah daunnya, kita juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman teh. Teh ini bermanfaat karena mengatasi seperti:

• Menurunkan kadar kolesterol

• Membantu menyembuhkan diabetes

• Membantu penyembuhan penyakit wasir

• Atasi sindrom iritasi usus

• Menanangkan perut saat diare atau sembelit

• Membantu penyembuhan penyakit kandung kemih, terutama mereka yang mengalami infeksi saluran kencing atau ISK

• Meningkatkan kesehatan ginjal

Yang terbaik dari gulma daun sendok adalah dapat dikonsumsi oleh anak-anak karena termasuk obat alami yang aman untuk semua orang. Anda bisa mengonsumsinya sesuai selera, baik dimakan langsung, dibuat teh, atau tingtur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here