Beranda Kesehatan Herbal Cara Mengolah Okra Menjadi Obat Diabetes dan Penurun Kolesterol

Cara Mengolah Okra Menjadi Obat Diabetes dan Penurun Kolesterol

Potongan okra
Potongan okra

Belakangan ini okra mulai populer dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai obat herbal untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes. Bukan sekedar omongan belaka, sayuran okra memang memiliki suatu kandungan zat tertentu yang terbukti dapat mengatasi diabetes dan penyakit sejenisnya.

Oleh orang barat, okra sering disebut sebagai ladyfingers, dengan nama biologisnya Hibiscus esculentus dan Abelmoschus esculentus. Okra melalui uji klinis diketahui memiliki efek positif dalam mengontrol gula darah tetap normal.

Nilai Gizi Okra

Okra mengandung vitamin A, C, kalsium dan zat besi, menurut Natural News. Juga mengandung lemak, kanji, tiamin, dan riboflavin.

Selain itu, okra juga mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan catechin, epicatechin, procyanidin B1 dan B2, rutin dan quercetin. Antioksidan ini mampu mencegah kerusakan sel, yang disebabkan oleh stres dan faktor lingkungan.

Okra Membantu Mengobati Diabetes

Bukti bahwa okra mengandung sifat anti-diabetes bukan sekedar isapan jempol belaka, dengan telah dilakukannya beberapa studi Vivo (hewan) dan Vitro (laboratorium). Hasilnya memang menunjukkan bahwa okra adalah sumber makanan penurun glukosa yang kuat sebagai anti-diabetes atau penurun glukosa darah.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2011, dalam Journal of Pharmacy & BioAllied Sciences, menemukan bahwa tikus diabetes yang diberi makan kacang tanah dan biji okra kering serta biji-bijian mengalami penurunan kadar glukosa darahnya. Tikus lain menunjukkan adanya penurunan glukosa darah secara bertahap, setelah pemberian ekstrak okra secara teratur selama sekitar 10 hari.

Di luar penelitian ilmiah, banyak orang dengan diabetes melaporkan penurunan kadar gula darah, setelah merendam potongan okra dalam air semalaman dan kemudian minum sari airnya di pagi hari.

Okra Membantu Menurunkan Kolesterol

Cukup dengan menambahkan okra ke dalam makanan sehari-hari sudah dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Hal ini lantaran okra tidak mengandung kolesterol dan hanya memiliki sedikit lemak.

Ketika kita mengonsumsi lebih banyak makanan yang tidak berpengaruh terhadap kadar kolesterol secara keseluruhan, seperti okra, efeknya kita akan makan lebih sedikit makanan-makanan yang tinggi kolesterol dan lemak. Nah, selanjutnya kita akan mengolah okra secara benar sebagai obat diabetes dan penurun kolesterol.

Cara Menyiapkan Air Okra

Mempersiapkan air okra adalah proses langkah demi langkah yang mudah dilakukan:

  • Cuci 4-5 okra ukuran sedang.
  • Potong sedikit kedua ujung okra dan belah menjadi dua bagian.
  • Masukkan okra ke dalam stoples besar.
  • Selanjutnya tuang air minum bersih.
  • Rendam okra semalaman atau setidaknya 8-24 jam.
  • Peras okra ke dalam air sampai tidak tersisa lagi getahnya..
  • Okra yang sudah diperas bisa dibuang karena tidak digunakan.
  • Minumlah airnya seperti biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here