Beranda Blogging Cara Bisnis Online dan Dapat Uang dari Blog Gratisan

Cara Bisnis Online dan Dapat Uang dari Blog Gratisan

Bisnis online bukan hal baru di era global. Bisnis ini merupakan bisnis yang dapat dijalankan tanpa mengenal waktu dan tempat. Bagi sebagian orang, bisnis online bukan bisnis sampingan semata tetapi sudah merupakan bisnis utama.

cara bisnis online
Ide bisnis online

Bisnis online sebenarnya bisa dijalankan secara gratis tanpa memerlukan biaya sepeserpun. Dengan menggunakan blog gratisan serta promosi dengan cara yang gratisan pula, bisnis online tetap bisa berjalan secara mulus. Bagi para pemula atau bagi yang hanya mempunyai modal yang minim bisa menggunakan blog gratisan untuk menjalankan bisnis ini.

Setelah bisnis online yang dibangun dengan menggunakan blog gratisan telah mempunyai penghasilan. Aanda bisa meng-upgrade blog gratisan tersebut ke blog berbayar. Bila ingin tetap menggunakan blog gratisan tersebut, lebih baik buatlah blog baru dengan hosting dan domain berbayar karena blog berbayar mempunyai kelebihan-kelebihan dibandingkan blog gratisan. Itulah kenapa gratisan tentu tak lebih baik daripada blog berbayar.  Tetapi membuat blog berbayar tak semudah membuat blog gratisan.

Modal yang diperlukan untuk berbisnis online dengan blog gratisan yaitu hanya kerja keras, konsistensi dan kesabaran. Bukan hanya blog gratisan saja, blog berbayar pun harus bermodalkan kerja keras, konsistensi dan juga kesabaran. Sebenarnya modal itulah yang dibutuhkan oleh sebuah blog supaya lebih disukai oleh mesin pencari. Jadi jangan gengsi mempunyai blog gratisan karena yang terpenting adalah hasil yang diberikan. Untuk blog gratisan bisa menggunakan blogspot (yang paling populer) atau blog gratis lainnya. Sekarang yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara berbisnis online dengan menggunakan blog gratisan?

Sebenarnya sama antara berbisnis online dengan menggunakan blog gratisan maupun blog berbayar. Perbedaannya hanya gratis dan tidak gratis. Dan berikut cara berbisnis online dengan blog gratisan

1. Cara berbisnis online yang pertama yaitu tentukanlah terlebih dahulu bisnis apa yang akan dijalankan. Berikut beberapa bisnis online yang bisa dijalankan : 

  • Membuat toko online. Berbelanja secara online sekarang mulai banyak diminati oleh sebagian orang. Terlebih lagi, segala jenis produk dapat dijual melalui Internet sehingga bila mempunyai produk yang dapat dijual, bisa menjualnya melaui online. Keuntungan berjualan secara online yaitu target pasar yang sangat luas, segala jenis produk dapat dijual serta tidak perlu membuka toko nyata yang harus memerlukan modal yang sangat besar.
  • Bila tidak memiliki produk yang akan dijual, bisa mendaftar program affiliate. Program affiliate sama halnya seperti makelar online. Jadi program affiliate ini merupakan kegiatan menjualkan produk orang lain. Bila produk tersebut terjual, komisi akan diberikan. Program affiliate yang terkenal dan banyak pebisnis online yang menggelutinya yaitu program affiliate dari toko online Amazon.com. Komisi yang diberikan oleh Amazon.com pun terbilang lumayan besar sehingga banyak blogger yang tertarik menjalankan bisnis ini.
  • Bisnis PPC (pay per click) dan menyediakan ruang iklan. Bisnis PPC merupakan bisnis yang paling disukai oleh para blogger. Tinggal bergabung dengan situs penyedia PPC seperti Google Adsense. Bila Toko Online dan Program Affiliate yang menjadi bisnis yang akan dijalankan, bisnis PPC ini pun bisa disandingkan. Bisnis menyediakan ruang iklan yaitu menyediakan tempat bagi semua orang yang ingin memasang iklan di blog gratisan yang telah dibuat.

2.  Bila sudah menentukan bisnis apa yang akan dijalankan. Cara bisnis online yang kedua yaitu menentukan ide. Bila ingin membuat bisnis toko online, tentukan produk apa yang akan dijual. Kalau ingin menjalankan bisnis Affiliate, cari toko-toko online yang menyediakan program tersebut. Salah satu toko online yang menyediakan program affiliate yaitu Amzon.com. Tapi jika hanya ingin menjalankan bisnis PPC atau bisnis pasang iklan saja, anda bisa memperbanyak postingan-postingan. Sehingga semakin banyak pengunjung semakin banyak pula penghasilan yang didapat.

3. Buatlah sebuah blog gratisan terlebih dahulu. Blogspot bisa menjadi pilihan, dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki yaitu : 

  • Pendaftarannya sangat mudah, bagi seorang pemula sekalipun. Hanya memerlukan akun gmail, proses pembuatan blog gratisan blogspot bisa dibuat hanya dalam beberapa menit.
  • Hanya dengan 1 buah akun gmail, dapat mengelola puluhan blog sehingga bila ingin mempunyai banyak blog tidak memerlukan banyak akun email.
  • Mendukung javascript, sehingga dapat mempermudah mendesign blog supaya terlihat lebih dinamis dan juga lebih keren.
  • Pendaftaran google adsense yang dapat dilakukan melalui blogspot sehingga pendaftaran menjadi lebih mudah.
  • Tersedianya witget google adsense dan juga javascript, sehingga pemasangan iklan google atau iklan lainnya seperti iklan dari AdsenseCamp, KlikSaya dan lain-lain bisa dipasang dengan sangat mudah.
  • Banyaknya pilihan template yang disediakan, tetapi bila template yang disediakan tidak cocok bisa menggunakan template lain. Berikut beberapa situs yang menyediakan template blogspot yang dapat dijadikan referensi untuk menjadikan tampilan blogspot menjadi lebih atratif :
  1. www.btemplates.com
  2. www.blogcrowds.com
  3. www.themecraft.net
  4. www.bloggertemplatesblog.com
  5. www.ourblogtemplates.com
  6. www.deluxetemplates.net
  7. www.eblogtemplates.com
  8. www.allblogtools.com
  9. www.bietemplates.com
  • Blog ini dapat ditemukan dengan mudah oleh mesin pencari Google terlebih perpindahan ke domain seperti .com, .net, .org, .info dan .biz juga dapat dilakukan dengan mudah pada setting blogspot ditambah fitur unlimited bandwith yang diberikan. Terakhir pastinya blogspot memberikan itu semua secara gratis, kecuali biaya koneksi internet ya.

Ketika dalam pembuatan nama blog, carilah nama sesuai tema bisnis yang dijalankan, misal akan membuat toko online boneka. Untuk mencari nama blog bisa menggunakan Google AdWords Keyword Tool. Disini nanti akan diperlihatkan berapa banyak kata kunci seperti “jual boneka” yang dicari. Jadi bila nama seperti “jualboneka” sudah dipakai. Bisa memilih kata-kata yang lain yang paling banyak dicari oleh pengunjung. Keuntungan dari nama ini yaitu supaya ketika pencarian dengan menggunakan keyword tersebut, blog yang telah dibuat bisa berpeluang muncul pada halaman pertama atau masuk 10 besar pencarian mesin pencari. 

4. Cara berbisnis online selanjutnya adalah menjadikan blog disukai oleh mesin pencari. Jadikanlah blog yang dibuat, menjadi blog yang disukai oleh situs mesin pencari seperti Google maupun Yahoo! yaitu blog yang dibuat dapat tampil di halaman pertama atau masuk 10 besar pencarian. Untuk menjadikan blog tampil dihalaman pertama mesin pencari tidaklah mudah, harus menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization). Teknik SEO sendiri dibagi menjadi 2 yaitu seo on page dan seo off page

  • Seo on page yaitu cara menjadikan blog menjadi disukai mesin pencari, tetapi teknik atau upaya yang dilakukan dengan hanya optimalisasi blog tersebut saja. Cara yang dilakukan seperti pemilihan nama blog yang sesuai dengan isi blog serta nama blog tersebut banyak dicari oleh pengunjung, pemasangan meta, deskripsi, judul postingan yang unik, internal link, menjadikan keyword menjadi bold atau italic serta konten atau isi blog yang unik (bukan copy paste) .
  • See off page yaitu cara menjadikan blog menjadi disukai oleh mesin pencari, tetapi teknik ini berasal dari luar blog seperti submit blog ke feedburner, submint blog ke iklan gratis, submint blog ke blog directories, submint blog ke google webmaster tool dan submint situs-situs social bookmarking. Mempromosikan blog melaui situs jejaring sosial termasuk juga ke dalam seo off page.

Promosi melalui jejaring sosial inilah yang banyak membantu mengenalkan sebuah blog. Bila blog berupa toko online rajin-rajinlah memberikan promosi atau diskon-diskon supaya para pengguna jejaring sosial tersebut menjadi lebih tertarik. Bila menjadikan blog sebagai affiliate merchan atau hanya mengandalkan PPC, sering-seringlah meng-share postingan-postingan pada jejaring sosial karena itu akan sangat membantu meningkatkan traffic. 

Itulah cara berbisnis online menggunakan blog gratisan. Cara di atas yang paling sulit yaitu membuat blog disuakai oleh mesin pencari sehingga kerja keras, konsistensi serta kesabaran sangat diperlukan. Semoga cara berbisnis dengan blog gratisan diatas dapat memberikan banyak manfaat bagi yang ingin menjalankan bisnis online tetapi mempunyai modal yang minim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here