Beranda Blogging Cara Membuat Website untuk Pemula, Ini Tahapan yang Harus Dilakukan

Cara Membuat Website untuk Pemula, Ini Tahapan yang Harus Dilakukan

Cara membuat website blog
Cara membuat website blog (ilustrasi by Pixabay)

Memiliki website sendiri kini menjadi kebutuhan tidak hanya bagi korporasi, perusahaan, lembaga, yayasan atau untuk kepentingan komersil karena kini website juga mulai digemari oleh kalangan individu untuk berbagi dengan orang banyak melalui dunia maya. Jika Anda termasuk tipe orang yang senang berbagi berbagai pengalaman, berbagi informasi atau sekadar cuap-cuap di dunia maya, maka memiliki website sendiri adalah salah satu solusinya.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika memiliki web sendiri, selain ruang untuk berbicara lebih luas, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan jika ada perusahaan yang menyewa kolom di web Anda untuk beriklan. Menyenangkan bukan? Cara buat ternyata tidak susah kok, karena sekarang sudah banyak sekali web hosting yang tersedia tidak berbayar alias gratis.

Panduan Membuat Website Sendiri

1. Mendapatkan Domain

Hal pertama yang harus dilakukan jika Anda ingin membuat website adalah memiliki domain. Domain adalah nama yang ingin Anda gunakan untuk website Anda nantinya, misalnya saja Androphedia.com. Untuk mendapatkan domain tersebut, Anda harus membayar biaya tertentu sesuai yang ditetapkan.

Biasanya, biaya sewa dibayar pertahunnya, harga bervariasi dari kisarannya sekitar 160 ribu rupiah per tahun atau bahkan lebih. Jika Anda sudah membayar biaya sewa domain, maka Anda berhak menggunakan domain tersebut. Pastikan Anda memilih nama domain yang unik dan menarik, atau jika Anda menggunakan web untuk tujuan komersil pastikan nama domain Anda harus tepat dan pas dengan barang yang Anda jual.

Ini hanya langkah pertama, dan tidak berarti web sudah dibuat. Domain hanya nama saja, ibarat Anda ingin membuka usaha harus mengurus surat ijin usaha, maka domain ini sama fungsinya dengan surat ijin tersebut.

2. Memilih Web Hosting

Web hosting adalah bentuk jasa penyimpanan data di internet yang memungkinkan setiap orang bisa mengakses website yang sudah dibuat kapan pun dan dalam waktu yang bersamaan sekalipun. Untuk mendapatannya Anda harus mendaftaran diri terlebih dahulu.

Ada dua jenis web hosting, yaitu berbayar dan gratis. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal piih mana yang menurut Anda paling cocok dan pas sesuai dengan kebutuhan.

3. Membuat desain web

Ini adalah langkah terakhir setelah Anda memiliki domain dan web hosting. Tampilan web adalah hal yang harus diperhatikan, web yang menarik sudah tentu akan membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi website Anda selain konten yang terdapat di dalamnya.

Bukankah kita akan nyaman berlama-lama di rumah yang ditata dengan rapi dan indah bukan? Maka jadikanlah website Anda sebagai website yang nyaman dan tertata dengan rapi sehingga orang akan betah berlama-lama dan sering mengunjungi web yang Anda buat itu.

3. Membuat Web di Penyedia Website Gratis

Jika Anda belum mempunyai banyak dana untuk membuat web di website yang berbayar, maka Anda bisa memanfaatkan untuk membuat website di penyedia website gratis yang banyak bertebaran di internet. Misalnya saja situs blogger, wordpress, multiply, blogsome, livejournal dan sebagainya. Khusus kali ini akan dipaparkan bagaimana cara membuat website di situs blogger.

Tahapan Pembuatan Website

1. Mempunyai akun gmail

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus memiliki akun Gmail, karena situs blogger ini merupakan kepunyaan si Mbah Google. Jadi, jika Anda belum mempunyai akun gmail, maka Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke gmail.com, klik di Buat Akun, setelah itu ikuti setiap langkah pendaftaran yang tercantum disana.

2. Mendaftar di situs Blogger

Setelah Anda berhasil mendaftarkan diri dan memiliki akun gmail, maka Anda harus mendaftarkan diri ke blogger.com. terdapat kolom pendaftaran di sebelah kanan situs, masukanlah akun gmail yang baru Anda buat, setelah itu ikuti tahapan-tahapan pendaftaran berikutnya.

3. Membuat Akun

Setelah Anda mendaftar, maka harus membuat akun dengan cara membuatkan nama yang akan ditampilkan di blog nantinya, kemudian klik Selanjutnya / NEXT. Berikutnya buatlah judul blog yang biasanya nanti akan tampil di bagian atas blog Anda. Tuliskan judul yang kiranya sesuai dengan isi dari blog yang akan Anda buat sehingga fungsinya untuk memberikan deskripsi singkat isi blog.

4. Menentukan nama Domain

Berikutnya Anda harus membuat atau memasukkan nama domain atau nama blog yang nantinya akan digunakan sebagai alamat web Anda, misalnya google.blogspot.com. sebelumnya Anda harus memeriksa ketersediaan nama domain yang diinginkan, karena bisa jadi nama tersebut sudah digunakan oleh orang lain. Dengan cara klik Cek Ketersediaan, barulah ketika ada konfirmasi, Anda klik selanjutnya/ NEXT.

5. Membuat Desain Blog

Desain blog terdiri dari template yang akan menjadi tampilan umum blog Anda, ada berbagai pilihan template yang sudah disediakan, namun jika Anda ingin mendapatkan template lainnya maka Anda bisa mencarinya di mesin pencari karena banyak pula template yang tersedia baik berbayar maupun gratis.

6. Menulis Posting

Kini, saatnya Anda untuk memulai mengisi halaman web dengan postingan. Caranya sangat mudah dengan klik Entri Baru, kemudian Anda tinggal masukkan judul postingan dan mengisikan postingan secara lengkap pada kolom isian yang sudah tersedia.

Selain narasi, postingan juga bisa dilengkapi dengan gambar ataupun menambahkan link untuk mendukung postingan yan sudah dibuat. Seelah selesai mengetik, maka Anda bisa mencantuman LABEL yang berfungsi untuk mengkategorikan tulisan yang aAnda buat. Setelah selesai, klik Terbitkan Entri.

7. Mengecek Postingan

Setelah Anda selesai membuat postingan / tulisan, Anda juga bisa melihat bagaimana tampilan blog Anda dengan mengklik di bagian kiri atas My Blog / Blog Saya. Setelah itu akan tampil secara keseluruhan blog Anda dan termasuk tulisan yang baru Anda buat. Template bisa diubah kapan pun sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Terkadang kita cepat merasa bosan dengan tampilan web, maka Anda bisa mengubah template kapan pun yang diinginkan.

Ternyata membuat web tidak sesulit yang dibayangkan, dengan memanfaatkan penyedia web gratis Anda bisa memiliki web sendiri. Atau jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal maka Anda bisa melakukan pembuatan web sesuai dengan tahapan manual yakni menyewa domain, web hosting barulah kemudian melakukan desain web.

Bagaimana cara Anda membuat web sangat bergantung pada peruntukan web tersebut nantia setelah dibuat. Jika untuk tujuan profesiona dan komersil tentu lebih baik menggunakan website berbayar yang memungkinkan tampilan lebih menarik dan website Anda akan dibantu agar lebih mudah ditemukan ketika dilakukan pencarian.

Website yang baik juga harus dirawat dengan baik pula dengan cara adanya kesinambungan isi. Tulisan, pengetahuan, atau produk dan jasa yang dipasarkan haruslah diperbaharui secara berkala dan dikelola dengan baik.

Jangan lupa untuk memperpanjang masa sewa domain dan webhosting Anda jika Anda ingin tetap menggunakan website yang sedang Anda pakai saat ini. Tapi, tidak jika Anda menggunakan website gratis seperti halnya jika Anda mengguanakan fasilitas blogger.com seperti di atas.

Semoga paparan cara buat web ini bisa membantu Anda untuk bisa membuat web Anda sendiri sesuai dengan yang Anda inginkan, baik website berbayar maupun website gratis. Selamat mencoba.

1 KOMENTAR

  1. Postingannya Menarik, Silahkan Berkunjung Ke Website Ekspedisi Makassar Surabaya Mampir Gan Ke Website Pengiriman Barang di Seluruh Indonesia Klik Disini Ekspedisi Makassar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here