Beranda Dunia Islam 20 Fakta Menarik Tentang Islam, Agama yang Banyak Disalahpahami

20 Fakta Menarik Tentang Islam, Agama yang Banyak Disalahpahami

Fakta Agama Islam
Ilustrasi seorang Muslim sedang berdo’a

Fakta Agama Islam – Dari semua agama besar dunia, Islam adalah yang paling banyak disalahpahami. Jika belum mengenal Islam dengan benar, maka seseorang tidak akan tahu betapa indahnya Islam yang sesungguhnya.

Di balik semua itu, ada beberapa fakta menarik yang bisa kita pelajari dari Islam. Misalnya, apakah Anda tahu bahwa Islam adalah bagian dari keluarga agama Abrahamic?.

Islam memiliki kaitan erat dengan Yudaisme dan Kristen. Ini berarti orang-orang Muslim tahu tentang Yesus, Abraham (Ibrahim), Musa, dan nabi-nabi besar lainnya dari agama-agama Abrahamic lainnya.

Fakta Menarik Agama Islam

Dengan mengingat hal itu, mari kita melihat dua puluh fakta menarik tentang Islam yang bagus untuk diketahui.

#1 Islam adalah agama terbesar ke-2 di dunia, dengan 1,8 miliar orang menyatakan iman mereka pada Nabi Muhammad SAW dan Allah SWT. Agama terbesar pertama menurut data statistik adalah Kristen.

#2 Dengan tingkat kelahiran saat ini dan konversi ke agama, Islam adalah agama yang paling cepat berkembang di dunia.

#3 Muhammad dikenal sebagai Nabi utusan Allah SWT.

#4 Agama Islam dimulai pada 622 M, ketika Muhammad melakukan perjalanan (hijrah) dari Mekah ke Madinah. Hari saat ia meninggalkan Mekah adalah hari dimulainya kalender Islam. Dia meninggalkan Mekah karena mendengar desas-desus bahwa beberapa anggota suku akan membunuhnya.

#5 Al-Qur’an adalah Kitab suci Islam. Kitab ini memiliki 6.236 ayat, atau surah. Pada masa-masa awal Islam, para pemimpin agama harus menghafal seluruh isi teks dan membaca Al-Qur’an ke banyak ahli tulis sekaligus. Begitulah cara Al-Qur’an diproduksi secara massal; ini berbeda dengan para biarawan Eropa yang menyalin Alkitab, menulis tangan, satu kata dan satu halaman sekaligus.

#6 Yesus disebutkan dalam Al-Qur’an, tetapi ia tidak setingkat Muhammad. Meskipun orang-orang Muslim percaya bahwa dia dilahirkan dari seorang perawan, mereka percaya bahwa Yesus adalah seorang nabi yang hebat, nomor dua setelah Muhammad.

#7 Islam berarti “Berserah diri.” Muslim berarti “orang yang dengan damai berserah diri kepada Tuhan.”

#8 Muhammad menikahi istrinya yang berusia 40 tahun ketika dia berusia 25 tahun.

#9 Selama Zaman Keemasan Islam, para ilmuwan dan penemu membuat beberapa inovasi besar. Karena itulah, para ilmuwan dibayar sebanyak yang dihasilkan oleh atlet pro hari ini.

#10 Maryam (Mary), ibu Yesus, disebutkan lebih sering dalam Al-Qur’an daripada dalam Perjanjian Baru. Dia juga satu-satunya wanita yang disebutkan namanya dalam Al-Qur’an.

#11 Mother Mosque of America, masjid pertama yang dibangun di AS, berada di Cedar Rapids, Iowa. Dibangun pada tahun 1934, masih ada sampai sekarang.

#12 Allah SWT memiliki 99 nama, dengan masing-masing memiliki makna yang berbeda.

#13 Sekitar 2,5 juta jemaah haji mengunjungi Mekah setiap tahun sebagai bagian dari ibadah haji, atau ziarah ke Mekah. Setiap Muslim yang mampu diharuskan melakukan ziarah ini setidaknya sekali seumur hidupnya, sebagai bagian dari Lima Rukun Islam.

#14 Lima Rukun Islam tersebut (tindakan yang harus dilakukan oleh semua Muslim) adalah: Zakat – memberikan 2,5% dari semua penghasilan untuk amal, Puasa selama bulan Ramadhan,Syahadat – menyatakan kalimat tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah, sholat lima kali sehari dan Haji – berziarah ke Mekah.

#15 15% dari semua Muslim adalah Arab.

#16 Indonesia memiliki Muslim terbanyak dalam satu negara, diikuti oleh Pakistan, India, dan Bangladesh.

#17 Kalender Islam lebih pendek 11 hari dari kalender Barat. Kalender Islam didasarkan pada fase bulan, sedangkan kalender Barat bergantung pada orbit Bumi di sekitar Matahari.

#18 Kita bisa membaca buku, bukan dalam bentuk gulungan (seperti lontar) karena inovasi Islam dengan kertas. Mereka juga mengikat “kertas burung” yang sangat ringan dan tipis ke burung-burung dan mengirimnya seperti burung hantu Harry Potter melintasi kekaisaran.

#19 Apoteker yang trampil dan terlatih pertama datang dari dunia Islam. Mereka membuat obat sendiri dan bekerja sama dengan dokter.

#20 Jika bukan karena Islam, kita tidak akan bisa minum kopi di Starbucks. Kopi hanyalah salah satu dari banyak penemuan yang datang dari dunia Islam. Lebih banyak penemuan tersebut termasuk marching band, aljabar, pendidikan rumah sakit, sikat gigi dan lain sebagainya

Sumber referensi:

aljazeerah.info
Wikipedia – Ayah
Quran411.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here